Download Gratis
Butuh bantuan?

Hati-hati, Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Gunakan Aplikasi Pinjaman Online!

Aplikasi pinjaman online memang bisa membantu para pebisnis pemula, terutama bagi yang belum memiliki cukup modal dan banyak koneksi. Selain itu, pinjaman online juga mudah diakses dan proses pencairannya tidak makan waktu lama.

Beberapa aplikasi bahkan tidak menetapkan syarat yang rumit untuk dipenuhi.

atur keuangan usaha
atur keuangan usaha

8 Tips Sebelum Gunakan Aplikasi Pinjaman Online

Meski begitu, sebagai calon pelaku bisnis, kamu harus tetap waspada. Di balik kemudahan yang ditawarkan aplikasi pinjaman online, tentu ada beberapa pertimbangan penting. Agar tidak salah pilih aplikasi pinjaman, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

  1. Pastikan sudah ada izin OJK

Cara paling mudah untuk memastikan keamanan suatu aplikasi pinjaman online adalah dengan mengecek perizinannya. Aplikasi pinjaman bergerak di sektor keuangan, maka yang harus kamu cari adalah izin dari Kementerian Keuangan atau OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Republik Indonesia.

Izin dari OJK RI menunjukkan bahwa aplikasi tersebut dibuat oleh sebuah perusahaan yang resmi dan berada di bawah pengawasan pemerintah. Umumnya, perusahaan akan mencantumkan nomor izin OJK di aplikasi maupun website mereka. 

Menemukan izin dari OJK RI, tapi kamu masih ragu? Tidak perlu khawatir, karena OJK RI sendiri menyediakan daftar lengkap aplikasi pinjaman online resmi yang telah terdaftar. Daftar tersebut bisa kamu dapatkan di situs resmi OJK RI (www.ojk.go.id). Bisa juga melalui pesan WhatsApp ke nomor +6281-157-157-157 atau telepon ke nomor 157.

Buat Toko Online Sendiri

Baca Juga: Daftar Pinjaman Online Tepercaya untuk Juragan!

  1. Cek situs penyedia pinjaman

Umumnya, perusahaan yang memiliki aplikasi pinjaman online memiliki sebuah situs resmi. Isinya tentu saja mengenai produk pinjaman yang mereka tawarkan serta informasi lain seperti cara mengajukan pinjaman dan persyaratan pengajuan pinjaman. Dalam situs tersebut, kamu juga bisa menemukan informasi seputar perusahaan itu sendiri, mulai dari sejarah berdirinya perusahaan hingga orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Situs resmi penyedia pinjaman online juga bisa menjadi indikator yang mudah dikenali. Biasanya, perusahaan penyedia resmi dan tepercaya punya situs yang jelas. Sebaliknya, situs dari perusahaan penyedia abal-abal cenderung tidak jelas dan tidak mencantumkan informasi penting. Beberapa biasanya justru berisi iklan clickbait yang berbahaya.

atur keuangan usaha

Ada juga yang bahkan tidak memiliki situs resmi. Jika kamu menemukan aplikasi pinjaman online semacam ini, sebaiknya segera beralih. Akan lebih baik lagi jika kamu melapor ke OJK agar aplikasi tersebut segera ditindak dan tidak meresahkan masyarakat.

  1. Pinjaman mudah dilakukan

Aplikasi pinjaman online yang resmi dan tepercaya umumnya telah menggunakan teknologi canggih dan keamanan tingkat tinggi. Sistem yang mereka gunakan bahkan bisa membaca pengajuan pinjaman tanpa memakan waktu lama. Kamu sebagai pihak yang mengajukan pinjaman pun bisa selalu memantau progress pinjaman.

Hal tersebut membuat proses pengajuan pinjaman melalui aplikasi yang legal menjadi lebih mudah dan juga cepat. Bahkan dana bisa segera dicairkan dalam durasi singkat. Kamu pun bisa langsung menggunakannya sebagai modal usaha.

atur keuangan usaha

Namun, ini tidak akan kamu temukan di aplikasi pinjaman abal-abal. Kebanyakan aplikasi abal-abal masih mengandalkan teknologi konvensional. Terkadang, untuk proses verifikasi pun kamu harus datang langsung ke tempat mereka. Jelas akan membutuhkan banyak waktu.

Baca Juga: Ini Dia Rekomendasi Pinjaman Tanpa Agunan yang Bisa Kamu Coba!

  1. Transparan tentang bunga

Inilah kelebihan aplikasi pinjaman online resmi yang tidak dimiliki aplikasi abal-abal. Pada aplikasi resmi, pihak penyedia pinjaman akan transparan soal bunga dan biaya lain yang harus kamu siapkan. Bahkan mereka mencantumkan informasi tersebut di website resmi.

Pada perusahaan pinjaman ilegal, mereka cenderung menutupi soal bunga dan biaya lain yang harus dikeluarkan. Di permulaan, mereka akan menyebutkan sejumlah biaya. Namun, seiring berjalannya waktu, biaya tersebut akan bertambah. Alhasil, total biaya yang harus kamu keluarkan pun membengkak. Bahkan sering kali jumlahnya sangat tak masuk akal.

Untuk itu, sebaiknya kamu berhati-hati jika pihak penyedia pinjaman tak mau transparan masalah biaya. Sebelum mengajukan pinjaman, tanyakan hal ini kepada pihak pemberi pinjaman. Jika mereka menolak, segera berpindah ke aplikasi lainnya.

  1. Alamat kantor jelas

Cara lain untuk mengetahui aplikasi pinjaman online yang tepercaya adalah dengan mengecek alamat kantornya. Perusahaan penyedia resmi biasanya akan mencantumkan alamat kantor secara mendetail. Kamu bahkan bisa melihat bentuk fisik kantor mereka.

Perusahan pemberi pinjaman ilegal terkadang memang mencantumkan alamat kantor. Namun, jika ditelusuri, alamat tersebut palsu. Saat dicocokkan, alamat tidak menunjukkan bangunan kantor yang sesuai. Hal ini jelas tidak akan dilakukan oleh perusahaan resmi karena bisa merusak kredibilitas mereka yang sudah susah payah dibangun.

  1. Punya layanan customer service

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang menyediakan layanan pelanggan, terlebih jika perusahaan tersebut bergerak di bidang jasa seperti penyedia pinjaman online.

Perusahaan penyedia pinjaman online yang resmi dan tepercaya pasti menyediakan layanan customer service. Bahkan layanan tersebut tidak sekadar ada, tapi benar-benar bisa dihubungi dan membantumu saat menemukan kesulitan dalam proses pengajuan. Layanan customer service bisa berupa hotline, kontak WhatsApp, chat melalui situs resmi, hingga email.

Namun, hal tersebut tidak akan kamu temukan pada aplikasi pinjaman online abal-abal. Sering kali perusahaan pinjaman abal-abal tidak memiliki customer service. Jika ada, layanan yang diberikan cenderung tidak profesional dan memakai bahasa nonformal. Bahkan alamat email atau nomor HP yang mereka cantumkan adalah kontak pribadi.

  1. Pelajari track record penyedia aplikasi pinjaman online

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menemukan aplikasi pinjaman online tepercaya adalah mengecek track record mereka. Biasanya, pihak pembuat aplikasi akan mencantumkan testimoni pengguna pada situs resmi mereka. Bisa juga mengecek track record dari kolom review yang ada di Google Play.

Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi soal track record jika mengajukan pinjaman lewat Solusi Modal Usaha BukuWarung. Aplikasi pinjaman online yang satu ini menawarkan pinjaman hingga Rp50 juta dengan cicilan ringan. Untuk masalah legalitas, Solusi Modal Usaha BukuWarung juga telah terdaftar dan diawasi OJK. Hingga kini, aplikasi pinjaman ini sudah membantu lebih dari 500 calon pengusaha di seluruh Indonesia!

  1. Baca syarat dan ketentuan dengan teliti

Terakhir, jangan lupa untuk membaca syarat dan ketentuan dengan teliti. Tiap aplikasi pinjaman online pasti punya syarat dan ketentuannya masing-masing. Agar tidak salah langkah, bacalah detail tersebut dengan teliti dan saksama.

Jika memang menemukan istilah atau kalimat yang sulit dipahami, tanyakan pada customer service. Lebih baik bertanya daripada nanti tersesat di jalan, bukan? Terlebih jika sudah menyangkut aturan pembayaran pinjaman. Agar nanti kamu tidak terkena denda, bacalah bagian tersebut dengan hati-hati dan jangan sampai ada yang terlewat, ya!

Baca Juga: Modal Minim? Bukan Masalah! Berikut Beberapa Tips Usaha Modal Kecil!

Semoga ulasan mengenai tips mengetahui aplikasi pinjaman online tepercaya ini bisa membantu, ya. Jika masih ragu, kamu bisa coba pelajari cara kerja Solusi Modal Usaha dari BukuWarung. Selain menyediakan pinjaman yang resmi, BukuWarung juga menyediakan aplikasi pembukuan dan pencatatan transaksi. Satu solusi praktis untuk berbagai kebutuhan usaha. Yuk, download segera di aplikasi BukuWarung di Google Play Store, gratis!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download