Download Gratis
Butuh bantuan?

Hobi Ikan Cupang Bisa Dijadikan Bisnis Ala Sultan

Lagi-lagi hobi bisa dijadikan bisnis! Ikan cupang atau yang memiliki nama lain Betta merupakan salah satu ikan hias air tawar yang memiliki tampilan warna-warni dan juga memiliki harga mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah. 

Ikan ini memiliki beragam jenis yang tersebar di seluruh dunia. Di Indonesia, terdapat 52 jenis ikan cupang. Salah satunya adalah ikan cupang jenis Halfmoon yang ekornya membentuk setengah bulan.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Beberapa orang menjadikan ikan cupang sebagai komoditi barang untuk dijual dan bahkan diternakkan. Cupang sendiri setiap tahunnya memiliki banyak peminat mulai dari berbagai kalangan. Biasanya, anak-anak sekolah sangat meminatinya. 

Bagi Juragan yang ingin memulai bisnis ikan cupang sangatlah tepat menemukan artikel yang BukuWarung tulis ini. Yuk, simak cara bisnis ikan cupang mulai awal sampai akhir!

Mengenal Ikan Cupang

Ikan cupang adalah ikan liar yang berasal dari Asia Tenggara. Ikan ini bisa dijumpai di rawa-rawa, sungai, dan sawah. 

Pada awal kemunculannya ikan ini ditangkap dan dijadikan ikan petarung oleh penduduk Thailand. Di Indonesia, ikan ini juga bernasib sama. Sering ditemukan di sawah dan ditangkap untuk diadu. Kemudian, pada tahun 1970-an ikan ini mulai diperjualbelikan dengan  beragam jenisnya.

Buat Toko Online Sendiri

Saat ini terdapat berbagai jenis ikan cupang yang ada di dunia karena telah mengalami perkawinan silang. Inilah yang membuat ikan cupang semakin memiliki keistimewaan tersendiri.

Keistimewaan Ikan Cupang

Sebagai ikan hias tentu saja ikan cupang memiliki keistimewaan sebagai berikut ini:

1. Bentuk dan Warna yang Unik

Bentuk dan warna yang unik menjadi ciri khas ikan cupang. Ikan ini memiliki beragam warna serta keunikan tersendiri. Ikan cupang ekornya sangat indah dan berkilau.

atur keuangan usaha

Begitu juga dengan sifat dari ikan cupang yang bisa dipertarungkan. Ikan ini sering dijadikan tontonan bagi pemiliknya.

2. Kemampuan Bertahan Hidup yang Baik

Ikan ini bisa dibilang kuat hidup dengan kadar oksigen yang rendah. hal ini dikarenakan sifatnya yang agresif. Terlebih lagi habitat aslinya berada di rawa-rawa yang memang airnya keruh dan minim oksigen.

3. Pemeliharaan yang Mudah

Kemampuan bertahan hidup yang tinggi membuat ikan cupang mudah dipelihara. Juragan bisa memelihara ikan ini hanya dengan wadah toples tanpa bantuan mesin sirkulasi udara yang mahal dan membutuhkan listrik. 

atur keuangan usaha

Makanan ikan cupang juga sangat murah. Juragan bisa membeli pakan pelet seharga Rp 6.000 yang cukup untuk pemakaian 1 bulan lebih.

Potensi Pasar Ikan Cupang

Hingga kini, pasar ikan cupang tergolong stabil karena telah memiliki penggemarnya tersendiri dan tentu karena keistimewaan sebagai ikan hias petarung.

Ikan cupang sangat terkenal karena keindahan warnanya yang membuat banyak orang berbondong-bondong menjadi kolektor bahkan berbisnis ikan cupang.

Target pasar ikan cupang berusia anak-anak, remaja, hingga dewasa. Biasanya, untuk menjual ikan yang berkualitas penjual membidik pasar kolektor ikan. Hal ini karena mereka dapat menghargai ikan tersebut dan lebih mementingkan estetikanya.

Juragan bisa menemukan pembeli dari mana saja. Bisa dengan menjualnya melalui teman sekitar, kios, bahkan yang lagi trend sekarang dengan melelangnya via live streaming TikTok dan Instagram.

Modal Bisnis Ikan Cupang

Modal bisnis ikan cupang tidak terlalu besar, kok. Juragan bisa memulainya dengan uang Rp 100.000 – Rp 2000.000 tergantung dengan jenis dan pakan sehariannya. Berikut adalah rincian modal awal untuk berbisnis ikan cupang yang perlu Juragan simak.

Modal Awal

Modal awal yang bisa Juragan gunakan untuk memulai bisnis cupang cukup murah dan harga ini sangat bergantung pada lokasi Juragan, jenis indukan, dan lain-lain.

  • Biaya beli indukan Rp 500.000
  • Biaya soltare Rp 300.000
  • Biaya lain-lain Rp 100.000

Total biaya Rp 900.000

Biaya Bulanan

Biaya ini meliputi pakan dan pemeliharaan setiap bulannya.

  • Pengadaan bibit Rp 300.000
  • Pakan ikan Rp 200.000
  • Vitamin, dll Rp 300.000
  • Listrik dan air Rp 50.000
  • Biaya lain-lain Rp 100.000

Total biaya Rp 950.000

Nah, itulah biaya awal dan pemeliharaan bulanan ikan cupang. Biaya ini bukanlah fix rate melainkan menyesuaikan dengan lokasi Juragan. Bisa dipastikan akan lebih murah jika lokasi Juragan berada di daerah dan bukan perkotaan.

Cara Berbisnis Ikan Cupang

Cara berbisnis ikan cupang bisa Juragan lakukan dengan membibit sendiri atau membeli yang sudah dewasa dan menjualnya kepada pelanggan. Berikut adalah cara membibitnya jika Juragan ingin mendapat keuntungan yang besar.

1. Pilih Indukan Ikan Cupang

Ikan cupang memiliki beragam jenis. Jenis-jenis tersebut juga memiliki perbedaan dalam usia kematangannya. Nah, disini BukuWarung akan menjelaskan secara umumnya saja. 

Pilih indukan jantan yang memasuki usia 4-8 bulan dan betina 3-4 bulan. Pemilihan usia sangat penting agar anakan dapat menetas dengan baik.

2. Siapkan Wadah Pembiakan

Siapkan tempat yang tidak terlalu luas untuk berkawinnya jantan dan betina. Gunakan air yang bersih dan masukkan tanaman air untuk anak ikan berlindung.

3. Masukkan Ikan Jantan

Ikan jantan akan membuat gelembung-gelembung yang berfungsi untuk menyimpan telur yang telah dibuahi Proses ini akan memakan waktu seharian.

4. Masukkan Ikan Betina

Jika gelembung sudah siap silakan masukkan ikan betina. Pemijahan dilakukan mulai pagi atau sore hari. Biasanya ikan tersebut sangat sensitif jadi biarkan agar tetap tenang.

5. Angkat Ikan Betina dari Tempat Pemijahan

Memisahkan indukan betina dari tempat pemijahan bertujuan agar indukan betina tidak memakannya. Selanjutnya ikan jantan akan berperan memasukkan telur ke gelembung yang telah dibuatnya.

6. Berikan Kutu Air Jika Telur Menetas

Setelah 3 hari telur tersebut akan menetas dan berilah makan dengan kutu air sedikit saja agar kualitas air tidak keruh.

7. Angkat Ikan Jantan

Angkat ikan jantan setelah 2 minggu telur menetas. Setelah itu, pindahkan anak ikan ketempat yang lebih luas dan beri pakan kutu air atau larva nyamuk.

8. Sortir Ikan Berdasarkan Jenis Kelamin

Setelah berusia 1,5 bulan pisahkan ikan cupang berdasarkan jenis kelamin dan berat tubuhnya. Memisahkan ikan akan membuat mereka tidak bertarung dalam 1 wadah.

Setelah berhasil mengembangbiakkan ikan cupang langkah selanjutnya adalah menjual ikan tersebut. Juragan bisa menawarkannya pada pemborong ikan atau kios-kios ikan cupang. Jika Juragan ingin memperoleh keuntungan lebih bisa dengan mengadakan lelang ikan cupang melalui media sosial.

Nah. Itulah penjelasan dari BukuWarung tentang potensi bisnis ikan cupang yang seiring tahun makin banyak peminatnya. Juragan bisa mengembangbiakkan sendiri ikan cupang atau membelinya yang telah dewasa untuk dijual.

Menurut BukuWarung, ada baiknya berbisnis ikan cupang yang telah memiliki pasaran harga tinggi. Biasanya ikan jenis ini sangat diburu oleh kolektor karena keistimewaannya. 

Agar bisnis ikan cupang Juragan tetap memiliki arus kas yang lancar gunakanlah aplikasi BukuWarung sebagai aplikasi pencatatan pemasukan dan pengeluaran bisnis Juragan. Aplikasi BukuWarung bisa di download di Playstore dan Appstore secara gratis.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download