Download Gratis
Butuh bantuan?

Ide Bisnis Jasa Terjemah Jadi Usaha Menjanjikan

Semakin berkembangnya pengetahuan, tak ayal berdampak di seluruh sektor. Hubungan internasional pun kian meningkat dan menjadi hal lumrah. Maka dari itu, instansi atau organisasi antar negara membutuhkan sarana/ media guna meningkatkan kelancaran komunikasi. Jasa terjemah hadir memberikan solusi atas permasalahan tersebut.

Keberadaan jasa penerjemah sangat dibutuhkan agar kerjasama antar negara terjalin dengan baik. Contoh nyatanya jika Indonesia bekerja sama dengan instansi di negara lain, tentu membutuhkan penerjemah untuk menerjemahkan bahasa yang tersurat, seperti surat perjanjian, kontrak dan surat pernyataan lainnya.

Buat Toko Online Sendiri

Contoh lainnya, jika seorang mahasiswa hendak mengambil beasiswa luar negeri dan hendak mengurus pemberkasan. Tentu saja dokumen penting seperti ijazah, jurnah ilmiah dan lainnya butuh diterjemahkan agar dapat ditindaklanjuti oleh pihak berwenang.

Potensi Bisnis Jasa Terjemah

Melihat fakta bahwa keberadaan translator dibutuhkan di berbagai sektor, membuat bisnis ini menjadi incaran untuk melakukan komunikasi yang lebih professional. Tidak semua orang dapat menguasai bahasa asing dengan baik, bahkan bahasa internasional (bahasa inggris) sekalipun.

Translator ada sebagai penghubung di antara kedua pihak yang ingin berkomunikasi, meski terhalang dengan bahasa dan kultur. Komunikasi ini dapat berbentuk tulisan maupun verbal, translator berkualitas dibutuhkan untuk menangkap pembicaraan kedua pihak secara verbal, dan segera mengambil inti percakapan untuk diteruskan dalam bahasa yang diinginkan kedua belah pihak.

Jenis Translate Tulisan

Dalam potensi bisnis jasa penerjemah di atas, telah disinggung sedikit mengenai translator verbal. Berikut ini beberapa jenis translate dalam bentuk tulisan atau jurnal:

1. Bisnis

Hubungan internasional yang semakin meningkat dan dibutuhkan, membuat banyak pebisnis membutuhkan sarana untuk mempermudah komunikasi agar ekspansi usaha meningkat hingga di seluruh dunia.

Pebisnis tentu menginginkan komunikasi terjadi dengan lancar dan formal, translator mempunyai tugas besar untuk memahami kosa kata, gaya bahasa hingga budaya di negara tujuan untuk kerja sama. Selain itu, meminimalisir miss communication yang bisa jadi penyebab kegagalan untuk kerja sama bisnis.

2. Sastra dan Hiburan

Coba pikirkan kembali, sudah berapa banyak karya sastra berhasil diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maupun sebaliknya. Tidak terhitung, bukan? Semua itu berkat kehadiran jasa translate yang mempermudah suatu karya dapat dinikmati di berbagai negara.

Tidak hanya novel, terjemahan film, musik dan lagu yang mendunia bisa mempunyai penyampaian makna yang sama ketika diterjemahkan dengan baik oleh ahlinya. Contoh dekatnya saja drama korea dimana-mana, agar penonton Indonesia lebih menikmati tayangan, maka drama atau film diterjemahkan dahulu.

3. Pendidikan

Di sektor pendidikan, umumnya para pelajar atau mahasiswa yang mengincar beasiswa akan sangat lekat dengan jasa penerjemah jurnal. Walaupun nantinya mereka wajib mempelajari bahasa asing, namun peran translator akan lebih membantu untuk memahami bahasa, kosa kata dan kultur lebih detail.

Dokumen atau berkas pendidikan sangatlah penting sebagai pelengkap persyaratan, seperti ijazah, transkrip nilai, data diri, sertifikat dan lainnya. Seluruh berkas tersebut akan diubah ke dalam bahasa di mana universitas yang mereka daftarkan berada.

4. Politik & Organisasi

Politik di berbagai belahan dunia banyak menjalin kerja sama dengan negara lainnya untuk berkembang. Berbagai organisasi internasional pun hadir untuk mengatasi permasalahan dunia dalam bidang tertentu, contohnya seperti WHO (World Health Organization) atau UNICEF.

Peluang jasa terjemah hadir untuk menjembatani perwakilan negara dengan negara lainnya yang ingin melakukan kerja sama. Sifatnya yang krusial dan formal, membutuhkan translator yang berpengalaman dan berkualitas.

Tips Memulai Usaha Jasa Penerjemah

Meskipun jenis jasa translate bergam dan punya tingkat kesulitan sendiri, Juragan tetap bisa memaksimalkan ide peluang bisnis dengan belajar beberapa tips memulainya, berikut ini:

1. Punya Modal

Membangun bisnis apapun perlu adanya modal untuk memulai dan menghidupi usaha agar berkembang. Modal yang dibutuhkan untuk jasa penerjemah secara nominal bisa ditekan, bahkan bisa dimulai dengan modal dibawah 5 juta rupiah untuk membeli PC, printer, tinta, kamus dan alat pendukung lainnya.

Jika Juragan ingin lebih memantabkan skill bahasa asing, bisa memulai dengan ikut seminar atau kelas bahasa terlebih dahulu. Jadi, akan selalu ada kemungkinan bila punya target dan usaha yang lebih untuk memulai bisnis.

2. Target Pasar

Setelah upgrade skill dan mempersiapkan peralatan penunjang terjemah, selanjutnya menentukan target pasar. Tahan ini penting untuk mengetahui sasaran usaha agar konsisten dan maksimal dalam menyediakan jasa. Tentukan target, misalnya untuk kalangan mahasiswa, pebisnis, dosen atau instansi lainnya agar kualitas terjemahan dapat disesuaikan.

3. Jadi Freelance atau Pekerja Lepas

Untuk Juragan yang baru sekali ingin terjun ke bisnis jasa terjemah bahasa inggris, namun merasa kurang mahir dalam grammar dan vocabulary, dapat mencoba pengalaman menjadi pekerja lepas sambil meningkatkan skill.

Saat ini telah banyak agency penerjemah dan bisa menjadi wadah untuk mengembangkan kemampuan bahasa dan pengalaman dalam menerjemahkan karya.

4. Utamakan Kualitas

Tetap utamakan kualitas dalam memulai bisnis apapun. Meskipun berstatus pemula, bukan berarti kualitas yang dihasilkan ala kadarnya. Ketika jasa terjemah masih dalam tahap rintisan, berikan kualitas dan pelayanan maksimal agar dilirik banyak customer dan menganggap jasa usaha Anda layak dipertimbangkan.

5. Pemasaran

Setelah memulai bisnis dengan mempersiapkan modal dan skill, konsep strategi pemasaran harus dipikirkan agar minat customer meningkat. Lakukan pemasaran offline, seperti memberikan brosur di lingkungan target pasar, memasang pamphlet di tempat strategis banyak dikunjungi orang.

Agar semakin menghemat biaya pemasaran, media sosial bisa dimanfaatkan. Lakukan pemasaran online, membuat copywriting, promo, dan konten menarik untuk menggait ketertarikan audiens.

Kelebihan Bisnis Penerjemah

Bila bicara soal kelebihan dari bisnis ini, tentunya modal yang dikeluarkan lebih kecil dibandingkan bisnis lainnya yang membutuhkan ruang dan toko fisik lebih besar. Juragan hanya perlu menyiapkan skill, peralatan ketik, peralatan menulis dan beberapa kamus bahasa asing. Itulah alasan mengapa bisnis ini banyak digandrungi kaum muda untuk dijadikan usaha sampingan.

Kelemahan Bisnis

Semua usaha bisnis apapun mempunyai kelebihan dan kekurangan, Juragan harus cerdas meminimalisir kelemahannya. Contohnya, jasa penerjemah bahasa arab membutuhkan target pasar khusus dan strategi pemasaran yang baik sesuai kebutuhan calon konsumen.

Kunci Sukses Usaha Jasa Penerjemah

Kunci sukses usaha ini adalah melakukan kegiatan promosi yang tepat dan cepat, lakukan strategi pemasaran yang sistematis. Laporan keuangan bisnis menjadi hal krusial yang terlihat sepele, namun punya dampak besar dalam pengembangan usaha.

Agar bisnis jasa terjemah berjalan lancar, Juragan butuh solusi mencakup pengelolaan transaksi bisnis yang tercatat rapih, sistematis dan otomatis secara digital seperti aplikasi BukuWarung. Fitur mode kasir, fitur transaksi, fitur panduan pencatatan utang, pengaturan stok, pembayaran dan pelaporan digital, hingga pemasaran bisa dilakukan hanya dalam genggaman!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download