Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

Keuntungan Usaha Toko Bahan Bangunan

Memulai usaha bahan bangunan tampaknya tak semudah seperti membalikan telapak tangan, namun kalau Juragan ingin mendapatkan keuntungan yang besar maka tak ada salahnya untuk mencoba.

Pasalnya material bangunan membutuhkan modal, serta perencanaan yang matang agar usaha tak berhenti ditengah jalan.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Seperti yang Juragan ketahui bahwa, bahan material berperan penting untuk komponen sebuah pembangunan, baik untuk skala kecil maupun besar.

Itu artinya jika Juragan membuka usaha ini, maka keuntungan yang didapatkan tak akan pernah berhenti. Melihat pembangunan di Indonesia yang terus meningkat.

Banyak keuntungan yang akan Juragan dapatkan jika membuka usaha toko bahan bangunan. Dibawah ini adalah informasi lengkap mengenai keuntungan membangun usaha toko bahan  bangunan.

Keuntungan Membangun Usaha Toko Bahan Bangunan

Walaupun usaha toko bahan bangunan membutuhkan modal yang cukup besar, Juragan tak perlu takut akan merasa rugi saat menjalankan usaha ini.

Buat Toko Online Sendiri

Banyak keuntungan yang akan Juragan dapatkan jika giat menjalani usaha ini, diantaranya:

1. Banyak yang Membutuhkan

Pada dasarnya setiap manusia bertahan hidup dalam sebuah rumah, material seperti kaca, keran, kabel listrik, pipa, keramik, dan lainnya merupakan komponen penting yang harus ada dalam keperluan rumah.

Bisa Juragan bayangkan tanpa adanya alat-alat tersebut, kehidupan sehari-hari akan lebih sulit serta hidup menjadi tak nyaman.

atur keuangan usaha

Maka dari itu Jika Juragan membuka usaha ini, sama saja seperti membantu banyak masyarakat untuk memenuhi sandangnya, yaitu tempat tinggal.

2. Bahan Tak Mudah Kadaluarsa

Tak seperti makanan pada umumnya yang memiliki tenggat waktu untuk dikonsumsi, jika makanan telah melewati batas waktu maka penjual harus segera membuangnya, agar tak lagi dikonsumsi oleh pelanggan karena sudah kadaluarsa. 

Hal tersebut membuat penjual rugi, modal yang dikeluarkan mungkin tak akan kembali.

atur keuangan usaha

Dengan menjual bahan material, Juragan tak akan mendapatkan resiko tersebut, karena tak akan ada beban penyusutan pada nilai produk.

3. Mendapatkan Laba Besar

Membuka usaha toko bangunan, memang tak seperti menjual bahan makanan yang kemungkinan dibeli setiap hari oleh masyarakat.

Namun berbagai produk yang dijual di toko bangunan memiliki margin yang tinggi, sehingga ketika ada pelanggan yang membelinya maka keuntungan yang didapatkan cukup besar.

Walaupun tak dibeli setiap hari oleh masyarakat, laba usaha pasti akan selalu ada apalagi kalau toko Juragan sudah dikenal sekian banyak orang.

4. Saingan Lebih Sedikit

Berbagai usaha bisnis yang terus meningkat, membuat banyak orang berlomba-lomba untuk membuat usahanya menjadi yang terbaik.

Dibandingkan industri lainnya, menjual bahan bangunan merupakan usaha yang tak banyak digandrungi pelaku bisnis.

Tak semua orang tertarik atau terpikirkan untuk membuka usaha ini, karena menurut mereka usaha ini bukan jenis usaha yang kekinian.

Hal ini membuat toko bangunan sebagai peluang usaha yang menjanjikan untuk keberlangsungan kehidupan masyarakat.

5. Harga Produk Tak Mudah Turun

Harga bahan bangunan cenderung lebih stabil, jika dibandingkan harus menjual bahan makanan yang harganya  terkadang turun atau melonjak naik.

Memang harga barang di setiap toko berbeda-beda, ada yang harganya lebih murah dan ada juga yang lebih mahal.

Namun, seseorang yang menjual material tak akan pernah menurunkan atau menaikkan harganya untuk menjaga kualitas toko bangunan.

6. Tidak Bergantung Pada Tren

Usaha toko bangunan tak akan pernah mati, artinya bahan bangunan akan selalu dicari oleh masyarakat.

Tak seperti jenis usaha lainnya, yang harus mengikuti perkembangan tren, jika produknya sudah bukan zamannya, mereka bisa saja tutup dan tidak melanjutkan bisnisnya.

Produk yang bergantung pada tren memang sulit dipertahankan, jika target pasar sudah bosan, mereka cenderung akan mencari produk lain yang saat itu sedang tren.

Lain hal jika Juragan membuka usaha toko bangunan, yang mana tidak perlu berpikir keras untuk membuat produk bisa laku di masyarakat.

Juragan hanya perlu menyediakan barang yang lengkap, serta produk yang paling banyak dicari masyarakat.

7. Strategi Pemasaran Mudah

Juragan tak perlu memerlukan banyak tenaga untuk memasarkan usaha toko bahan bangunan.

Pada dasarnya usaha ini sama seperti warung, dimana pelanggan akan membeli untuk memenuhi keberlangsungan hidupnya.

Berbeda dengan bisnis lain yang menjual barang untuk memenuhi keinginan pelanggan, pelaku bisnis tersebut seringkali berusaha keras memasarkan produknya untuk meningkatkan penjualan.

Walaupun demikian, bukan berarti usaha toko bangunan Juragan tak perlu tindakan pemasaran, Juragan bisa melakukan pemasaran melalui website dengan mengoptimasinya.

Analisa Usaha Toko Bahan Bangunan

Adapun hal-hal yang harus Juragan analisa sebelum membuka toko bangunan diantaranya yaitu apa saja yang harus disiapkan, berapa modal yang dikeluarkan,  serta apa saja resiko dari usaha tersebut.

Hal pertama yang harus Juragan lakukan adalah mengidentifikasi supplier, apakah mereka bisa bekerjasama dalam jangka lama terhadap toko Juragan atau tidak.

Carilah supplier yang memiliki harga murah, sehingga bisa menguntungkan Juragan dan pelanggan nantinya.

Hal kedua adalah dengan menyiapkan investasi kendaraan, toko bangunan memerlukan transportasi untuk mendistribusikan barangnya ke pelanggan, Juragan bisa menyiapkan mobil bak, motor roda 3, dan lainnya. Modal pembelian kendaraan bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Hal ketiga adalah merekrut tenaga kerja yang mumpuni untuk dijadikan karyawan, pastikan mereka dapat mengelola barang dan usaha Juragan dengan baik.

Semakin banyak karyawan maka usaha akan semakin efektif, namun Juragan juga harus mengeluarkan biaya lebih untuk gaji karyawan.

Setiap membuka usaha pasti ada resiko yang harus ditanggung, kemungkinan resiko bisa berupa bahan dari supplier yang kosong, pelanggan yang tak selalu ramai, hingga barang yang tak kunjung laku.

Namun resiko bisa ditutupi jika Juragan mengatasinya, bisa dengan mempromosikan toko, meningkatkan kualitas, atau memberikan barang diskon pada pelanggan setia.

Faktor Toko Bangunan Tidak Laku

Perlu diketahui bahwa menjual material membutuhkan persiapan yang matang, supaya ketika Juragan membuka usahanya, orang-orang merasakan kepuasan jika membeli di toko Juragan.

Pada awal membuka usaha, jangan sampai ada pelanggan yang kecewa karena beberapa faktor dibawah ini:

1. Produk Tidak Lengkap

Pada umumnya masyarakat berasal dari kalangan yang berbeda-beda, ada yang ingin membeli produk dengan harga murah, ada juga yang ingin membeli kualitas terbaik dengan harga mahal.

Jika Juragan tidak menyediakan produk yang dicari masyarakat tersebut, otomatis mereka akan mencari toko lain yang lebih lengkap.

Maka dari itu lengkapilah produk penjualan, agar pelanggan puas dan selalu membeli keperluan bahan bangunannya di toko Juragan.

2. Kurang Pemasaran

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, walaupun material bangunan merupakan komponen yang dibutuhkan oleh masyarakat, tetapi Juragan juga harus berusaha memasarkannya.

Pemasarannya cukup mudah, pasanglah reklame atau spanduk di tepi jalan raya, agar masyarakat dapat melihat kehadiran toko Juragan.

3. Menjual Harga Tak Sesuai Pasaran

Harga barang menentukan tingkat penjualan usaha, jika barang yang dipasarkan sangat mahal dari harga pasar, pelanggan akan rugi dan tidak akan balik lagi ke toko Juragan.

Maka dari itu sebelum menjual produk, ada baiknya melakukan riset pasar agar bisa menguntungkan kedua belah pihak.

4. Fasilitas Tidak Memadai

Toko bangunan adalah toko yang menjual alat-alat besar, serta material berat yang mengharuskan pelanggannya membawa kendaraan mobil bak atau truk untuk mengangkatnya.

Jika halaman toko bangunan Juragan tidak memadai, otomatis kendaraan harus parkir di pinggir toko yang mengganggu pengguna jalan.

Selain fasilitas halaman toko, sebaiknya sediakan juga kendaraan mobil bak pribadi untuk mengantar pesanan pelanggan.

Ketika mengantarkan barang, pastikan barang terbungkus rapi dan aman serta tidak merugikan pengguna jalan.

Agar fasilitas toko bahan bangunan Juragan lebih memadai, segeralah unduh aplikasi BukuWarung. Toko bangunan yang memiliki banyak produk, harus dikelola stok dengan baik supaya tidak berantakan.

BukuWarung memiliki fitur kelola stok barang, sehingga memudahkan Juragan mengetahui stok bahan bangunan yang dijual dengan efisien, serta laporan keuangan untuk dapat mengetahui keuntungan toko perharinya. Jadikan BukuWarung sebagai pembukuan digital gratis, yuk unduh BukuWarung sekarang!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download