Download Gratis
Butuh bantuan?

Kiat Sukses Menjadi Reseller Madu Asli!

Madu termasuk superfood karena membawa banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Madu sumber makanan alami yang kaya nutrisi dan dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan bahan pelengkap mengolah makanan dan minuman. Di masa pandemi ini permintaan madu di pasaran cukup tinggi karena bisa menjadi imun booster. Juragan tertarik menjadi reseller madu asli? Simak artikel ini!

1. Pelajari Ciri Madu Asli Sebelum Menjual

madu asli
orami.co.id

Di pasaran memang banyak yang menjual madu, tapi ada jenis madu asli dan palsu. Juragan perlu teliti jika ingin menjadi reseller madu asli, ya. Tidak semua orang bisa mengetahui kualitas madu asli dan palsu. Sebelum terjun ke bisnis madu atau menjadi supplier madu sebaiknya Juragan mengetahui ciri-ciri madu asli dan palsu.

Sebagai penjual atau supplier madu asli jangan sampai keliru dalam membedakan jenis madu asli. Jika Juragan mengatakan bahwa madu yang dijual tersebut asli padahal tidak tentu akan membuat pelanggan kecewa.

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengetahui kualitas madu yaitu:

  • Madu asli sulit menyatu dengan air sedangkan madu palsu mudah larut dalam air.
  • Madu asli teksturnya kental dan padat jika ditetes ke kain tidak mudah terserap.
  • Madu asli ketika dipanaskan dalam microwave berubah menjadi karamel sedangkan madu campuran akan menghasilkan busa atau buih.

2. Memilih Distributor Madu Asli

distributor madu asli
pinterest.com

Setelah mengetahui ciri-ciri kualitas madu yang baik Juragan akan lebih mudah memulai bisnis reseller madu asli. Tips selanjutnya adalah menentukan distributor madu asli yang terpercaya. Sebaiknya memilih distributor dari tangan pertama agar harganya bisa lebih murah. Untuk menentukan distributor madu asli Juragan perlu riset beberapa distributor madu dan membandingkan kualitas madunya.

Jika ada teman atau kerabat yang sudah lebih dulu terjun di bisnis penjualan madu Juragan bisa meminta rekomendasi distributor madu yang baik. Jika tidak, Juragan bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya melalui internet. Pilih distributor yang menawarkan madu asli kualitas baik dengan harga kompetitif.

3. Pikirkan Kemasan Madu yang Menarik

kemasan madu
pinterest.com

Bagian penting dalam mulai usaha supplier madu adalah memikirkan jenis kemasan madu yang baik dan menarik. Kini, bisnis madu tidak hanya satu atau dua di pasar tapi sangat banyak. Kemasan yang baik dan menarik salah satu cara untuk mendapatkan perhatian calon konsumen. Kualitas madu juga bergantung pada cara dan jenis kemasannya.

Madu dapat dikemas menggunakan wadah berbahan plastik atau kaca. Wadah berbahan kaca keunggulannya adalah dapat menjaga kualitas madu dengan sangat baik dan lebih tahan lama. Wadah kaca juga memberi kesan lebih mewah dan berkualitas. Wadah kaca punya risiko khususnya untuk jual madu online karena mudah pecah.

Sedangkan, jika menggunakan wadah plastik kemungkinan harga jual dapat lebih ekonomis dan aman untuk penjualan online. Jika ingin menggunakan wadah plastik, bisa menggunakan model jar yang unik dan kualitas plastik cukup tebal. Untuk kemasan ekonomis madu juga bisa dikemas dalam bentuk sachet dengan cara yang higienis agar tidak merusak mutu dan nutrisinya.

4. Riset Pasar untuk Tentukan Harga

riset pasar
kompasiana.com

Penting dalam strategi pemasaran madu yaitu menentukan harga jual. Juragan sebagai reseller madu asli perlu menyesuaikan harga jual dengan harga beli madu dari distributor. Jika sudah tahu harga yang diberikan oleh distributor coba lakukan riset pasar sederhana untuk mengetahui berapa harga pasaran madu yang kualitasnya sama dengan madu yang akan Juragan jual.

Cara riset pasar untuk menentukan harga bisa melalui internet seperti marketplace. Cara ini cukup praktis dan mudah, Juragan tidak perlu datang ke toko-toko yang menjual madu untuk mengetahui harga jualnya. Pelajari bagaimana para penjual madu yang telah lebih dulu terjun ke pasaran dalam menentukan harga jual.

Jangan pasang harga terlalu rendah hanya agar madu yang Juragan jual laris manis, Juragan bisa merugi. Namun, Juragan bisa menonjolkan kualitas madu asli yang juragan jual agar pelanggan tertarik membelinya dengan harga yang pas. Buat kemasan dalam berbagai ukuran supaya nilai jualnya tidak terlalu tinggi dan konsumen bisa lebih leluasa memilih produk madu sesuai kebutuhannya.

5. Pertimbangkan untuk Jual Online

madu asli
honestdocs.id

Pasar online tidak boleh dipandang sebelah mata, begitu pula ketika Juragan ingin menjadi reseller madu asli. Sebaiknya selain berjualan secara offline, Juragan juga mulai merencanakan untuk memasarkan madu tersebut secara online. Cara berjualan madu secara online bisa banyak cara dengan memanfaatkan media digital. Media digital yang dapat digunakan untuk berjualan mulai dari whatsapp, media sosial, website dan marketplace.

Sebagai pemula dalam jual madu online Juragan bisa cara yang simpel seperti memanfaatkan whatsapp dan media sosial dalam sebagai strategi pemasaran madu. Coba juga memasarkan madu melalui marketplace. Bergabung di marketplace cukup mudah caranya hanya mendaftar dan mulai mengupload produk yang Juragan jual. Jika ada anggaran lebih, Juragan bisa membuat website untuk memasarkan madu dengan cara lebih profesional.

6. Lengkapi dengan Menjual Produk Herbal Lainnya

minuman herbal
pinterest.com

Untuk menaikkan penjualan dan meningkatkan keuntungan Juragan bisa memasarkan lebih dari satu produk. Pilihlah produk yang masih relevan dengan madu untuk dipasarkan bersamaan. Umumnya, penjual madu juga menyediakan aneka produk herbal atau suplemen kesehatan lainnya. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi produk herbal untuk melengkapi etalase toko Juragan agar makin laris.

a. Minuman Herbal

Minuman herbal dan madu punya keterikatan yang cukup baik. Banyak minuman herbal yang dikonsumsi dengan menambahkan madu agar lebih enak dan berkhasiat. Minuman herbal cukup banyak jenisnya seperti teh herbal, minuman jahe, jamu, kopi herbal dan lain-lain.

b. Suplemen atau Vitamin

Produk suplemen alami atau vitamin seperti suplemen untuk menambah nafsu makan, untuk mencegah gejala penyakit tertentu dan meningkatkan daya tahan tubuh. Biasanya konsumen yang mencari madu adalah orang yang menaruh perhatian terhadap kesehatan sehingga produk suplemen dan vitamin sangat relevan.

c. Buah Kering Seperti Kurma

Toko yang menjual madu dapat dilengkapi dengan produk buah-buahan kering seperti kurma. Khususnya di hari perayaan tertentu seperti Ramadhan atau menjelang lebaran penjualan madu dan kurma meningkat. Pelanggan akan merasa lebih mudah jika bisa membeli dua produk ini sekaligus di toko Juragan.

Juragan, satu hal yang tak boleh dilupakan ketika menjadi reseller madu asli adalah memberikan pelayanan pelanggan yang baik dan semangat usaha yang pantang menyerah. Juragan harus tekun dan inovatif untuk menjual produk berkualitas dan mendapatkan banyak pelanggan. Supaya bisnis semakin lancar atur keuangan dengan cara yang bijak dan cermat. Gunakan aplikasi serba bisa BukuWarung untuk mempermudah Juragan dalam mencatat dan mengelola keuangan bisnis dengan praktis dan rapi. Aplikasi BukuWarung juga mempermudah dalam mengelola stok produk yang Juragan jual.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download