Download Gratis
Butuh bantuan?

Talangin Dulu, Beli Barang Grosir Bayar Nanti dari BukuWarung

Apakah Juragan sedang butuh belanja untuk jualan tapi belum ada modal usaha? Pakai saja Talangin Dulu, fitur keren dari aplikasi BukuWarung! Juragan bisa beli stok barang sekarang bayar nanti hanya dalam sekali klik, praktis dan mudah bukan? 

Fitur ini jadi favorit para pengusaha UMKM di Indonesia, lho. Nah, sebenarnya apa itu TalanginDulu BukuWarung dan bagaimana cara menggunakannya? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini, yuk!

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Kenalan dengan Talangin Dulu dari BukuWarung

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih lanjut, baiknya Juragan mengenal terlebih dahulu apa itu Talangin Dulu. Talangin Dulu adalah salah satu fitur unggulan yang dimiliki BukuWarung untuk memudahkan penggunanya mendapatkan pinjaman jangka pendek. Fitur ini berupa metode pembayaran terbaru yang memungkinkan Juragan untuk berbelanja dengan jumlah saldo atau kredit sesuai pilihan. 

Pembayaran dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan Juragan. Jadi, Juragan tidak perlu khawatir kalau tiba-tiba butuh belanja tapi belum ada modal usaha. Dengan Talangin Dulu, Juragan bebas belanja kapan pun dan berapa pun, sebab bayarnya bisa nanti. Jualan tetap lancar dan putaran dana aman dengan Talangin Dulu!

Baca juga: Apa itu Fitur Pembayaran Talangin Dulu?

Siapa yang bisa pakai metode pembayaran ini?

beli barang grosir bayar nanti

Buat Toko Online Sendiri

Sesuai dengan manfaatnya yang sangat besar, maka tidak sembarang orang bisa memanfaatkan Talangin Dulu. Metode pembayaran ini bisa dipakai oleh supplier (penjual) yang termasuk dalam Toko Terpilih. Agar berhasil jadi Toko Terpilih, penjual harus melalui dapat penawaran khusus dari BukuWarung. Penjual juga harus menyertakan dokumen berupa surat perjanjian lengkap dengan tanda tangan dari Pemilik Toko.

Pembeli yang bisa memakai Talangin Dulu juga merupakan pembeli pilihan yang sudah direkomendasikan oleh Penjual Toko. Caranya, pembeli harus melengkapi dokumen, seperti surat perjanjian lengkap dengan tanda tangan pembeli, formulir BukuWarung Talangin Dulu untuk permohonan pinjaman, dan invoice (catatan pengeluaran) dalam satu bulan belakangan.

Permohonan yang sudah diajukan akan dianalisis terlebih dahulu oleh Bank Sahabat Sampoerna sebagai bank penyedia pinjaman. Informasi selanjutnya kemudian akan dikelola oleh tim BukuWarung, sebelum akhirnya diinformasikan pada pembeli terpilih. Setelah itu, barulah pembeli terpilih bisa menggunakan metode pembayaran Talangin Dulu dari BukuWarung.

atur keuangan usaha

Jika Juragan tertarik untuk mendaftarkan diri sebagai penjual atau pembeli terpilih, hubungi kontak WhatsApp tim Talangin Dulu BukuWarung di +62 838-0455-0504 untuk informasi pendaftaran dan mengajukan permohonan. Setelah menjadi pengguna terpilih, Juragan baru bisa beli barang grosir bayar nanti di toko yang telah terdaftar.

Tenggat waktu yang tersedia

Tenggat waktu pengembalian saldo dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Juragan sendiri. Ada empat pilihan tenggat waktu pembayaran yang tersedia dengan perbedaan biaya admin seperti berikut ini.

  • Jatuh tempo satu minggu, biaya admin sebesar 1 persen dari total harga pembelian;
  • Jatuh tempo dua minggu, biaya admin sebesar 2 persen dari total harga pembelian;
  • Jatuh tempo tiga minggu, biaya admin sebesar 3 persen dari total harga pembelian;
  • Jatuh tempo empat minggu, biaya admin sebesar 4 persen dari total harga pembelian.

Selain biaya admin yang dipatok dari total harga pembelian seperti di atas, Juragan sudah tidak perlu membayar biaya tambahan lainnya. Tenggat waktu Juragan untuk melakukan pelunasan maksimal adalah 60 hari sejak transaksi dilakukan. Jika Juragan tidak sanggup membayar sesuai tenggat waktu, tim BukuWarung bekerjasama dengan mitra penyedia, akan mengunjungi alamat usaha Juragan yang telah didaftarkan.

atur keuangan usaha

Baca juga: Belanja Stok di Tokoko Pakai Talangin Dulu Dapat Cashback Rp25.000

Berapa limit saldonya?

Metode pembayaran beli barang grosir bayar nanti lewat Talangin Dulu punya limit saldo atau kredit yang boleh digunakan. Ada tiga limit saldo, yaitu limit saldo tiap pembeli, limit minimal penggunaan tiap transaksi, dan limit maksimal penggunaan tiap transaksi. Tiap pembeli mendapatkan limit saldo sebesar Rp20.000.000,00. Sementara itu, setiap transaksi minimal saldo yang digunakan adalah Rp350.000,00 dan limit maksimalnya sebesar Rp5.000.000,00. Juragan bisa melakukan transaksi lebih dari sekali dalam sehari selama limit masih tersedia.

Cara menggunakan Talangin Dulu

Untuk bisa memulai beli barang grosir bayar nanti lewat fitur Talangin Dulu, Juragan perlu melakukan beberapa prosedur pendaftaran seperti berikut ini.

  • Pertama, pastikan Juragan akan berbelanja sebesar Rp350.000,00 atau maksimal Rp5.000.000,00 sesuai limit yang ditentukan oleh BukuWarung;
  • Buka link toko dan pilih produk apa saja yang ingin dibeli;
  • Masukkan nomor HP yang telah terdaftar, kemudian masukkan kode OTP (one-time password) yang dikirim lewat SMS;
  • Pilih metode pengiriman ‘Ambil Sendiri’. Khusus untuk metode pembayaran Talangin Dulu, opsi pengiriman yang bisa dipakai hanya ambil sendiri di toko. Jadi, Juragan harus pastikan bahwa Juragan bisa pergi ke toko tujuan karena pengiriman lewat jasa kurir tidak tersedia;
  • Pilih metode pembayaran Talangin Dulu dan tentukan Jangka Waktu Pembayaran yang Juragan inginkan sesuai dengan empat pilihan yang tersedia (1 minggu, 2 minggu, 3 minggu, 4 minggu, serta biaya admin tambahan);
  • Terakhir, klik ‘Bayar’ kemudian konfirmasi pesanan. Selesaikan transaksi Juragan dengan melakukan pembayaran. Jangan lupa untuk mengonfirmasi pesanan dengan klik ‘Pesanan Diterima’ jika pesanan sudah berada di tangan Juragan.

Bagaimana cara pelunasannya?

Untuk melunasi saldo yang telah dipakai untuk berbelanja, Juragan harus membayarnya dalam kurun waktu maksimal 60 hari setelah transaksi. Prosedur pelunasan dapat Juragan lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Juragan bisa melakukan pembayaran melalui bank sesuai yang diinformasikan melalui WhatsApp setelah pesanan dibuat;
  • Kirimkan bukti bayar Juragan pada tim BukuWarung melalui kontak WhatsApp +62 858-6274-5692;
  • Pelunasan saldo akan otomatis ter-update dan bisa dilihat di informasi saldo pada laman pembayaran toko. Proses ini berlangsung maksimal satu hari kerja setelah bukti dikirimkan.

Jangan lupa bahwa Juragan tidak bisa menggunakan metode pembayaran Talangin Dulu di sembarang toko. Hanya toko-toko terpilih dan terdaftar saja yang menerima pembayaran melalui Talangin Dulu. Jadi, selalu cek semuanya terlebih dahulu sebelum mulai berbelanja. Perhatikan juga limit saldo dan tenggat waktu yang tersedia. Pikirkan matang-matang sebelum memilih opsi tenggat waktu. Pertimbangkan juga dengan biaya admin yang wajib dibayar sesuai dengan tenggat waktu yang dipilih.

Pemilik usaha yang bertanggung jawab adalah yang selalu melakukan pelunasan tepat waktu. Sesuai dengan manfaat Talangin Dulu, saldo yang diberikan berfungsi sebagai modal usaha jangka pendek yang dapat digunakan untuk beli barang grosir bayar nanti. Fitur ini dapat memenuhi kebutuhan Juragan dengan segudang manfaat yang tentu bikin untung!

Juragan bisa pakai Talangin Dulu lewat aplikasi BukuWarung. Selain fitur beli barang grosir bayar nanti dengan Talangin Dulu, BukuWarung juga punya fitur-fitur lain, termasuk pembukuan untuk toko Juragan! Tunggu apa lagi? Segera download aplikasi BukuWarung di Play Store atau App Store dan rasakan manfaatnya!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download