Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

10 Fungsi Kemasan yang Tak Boleh Juragan Abaikan

Salah satu cara mengelola bisnis adalah dengan memperhatikan kemasan produk. Meskipun terkesan sederhana, kemasan produk bisa menjadi nilai tambah dalam memasarkan produk karena di dalamnya berkaitan dengan jenis usaha serta nama brand yang Juragan kelola.

Selain memperhatikan tampilan, kualitas pada kemasan juga turut diperhatikan. Tampilan yang menarik dan berkualitas dapat mengubah sudut pandang konsumen terhadap kualitas produk yang Juragan jual.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Contoh sederhana yang mungkin pernah Juragan temui adalah kemasan minuman berbentuk gelas plastik dengan nama brand tertentu. Kemasan ini tentu terlihat lebih menarik daripada hanya dikemas dengan plastik kiloan. Selain memikat perhatian konsumen, apa saja fungsi kemasan produk? Berikut jawabannya untuk Juragan.

10 Fungsi Kemasan yang Juragan Wajib Tahu

fungsi kemasan
Photo by Jasmin Sessler on Unsplash

1. Identitas bisnis

Kemasan merupakan salah satu cara memasarkan produk dan memperkenalkan brand yang Juragan miliki. Hanya dengan melihat kemasan, pelanggan jadi mengenal brand apa yang mereka beli, apalagi yang Juragan jual adalah produk berkualitas. Dengan demikian, brand yang Juragan miliki dikenal mempunyai produk yang berkualitas.

Baca Juga: Branding: Pengertian Adalah, Jenis dan Kenapa Penting?

2. Menjaga kualitas produk

Salah satu fungsi kemasan yaitu untuk menjaga kualitas dan daya tahan produk. Fungsi kemasan makanan berguna untuk menjaga makanan tetap bersih dari debu dan terhindar dari berbagai jenis serangga, seperti lalat, semut, dan lain sebagainya.

Buat Toko Online Sendiri

Selain itu, kemasan pada makanan juga berfungsi untuk menjaga daya tahan makanan. Misalnya, kemasan yang tidak tertutup rapi dapat membuat makanan menjadi lebih cepat basi hingga kedaluwarsa. Sebab, beberapa makanan serta minuman tidak tahan terhadap suhu dan cuaca.

Adapun produk nonmakanan yang juga rentan terhadap cuaca dan suhu adalah produk berbahan dasar kulit. Jika tidak dikemas dengan baik, pada musim penghujan yang lembap, dapat menyebabkan produk mengalami jamuran.

Fungsi kemasan produk kerajinan juga membantu mengurangi risiko kerusakan saat proses pengiriman. Biasanya, kemasan pada produk kerajinan dilapisi dengan material lunak sehingga tetap aman apabila mengalami benturan ringan saat proses pengiriman barang.

atur keuangan usaha

3. Mempermudah proses distribusi

Tidak selamanya proses distribusi dikirimkan langsung oleh Juragan sendiri. Nantinya, Juragan memerlukan pihak ketiga dalam melakukan proses distribusi yang disebut distributor. Hal ini berpengaruh terhadap kecepatan proses pendistribusian serta lebih efisien dalam melakukan pengiriman. Dengan begitu, proses perputaran bisnis Juragan juga menjadi lebih cepat.

4. Salah satu cara promosi

Salah satu metode marketing paling murah adalah lewat kemasan. Meski media sosial menjadi salah satu platform yang paling sering digunakan, tanpa kemasan yang berkualitas, produk Juragan tidak akan dipromosikan dari mulut ke mulut oleh pelanggan. Promosi gratis ini bisa Juragan lihat dari coffee shop yang sering dipromosikan oleh pelanggan di media sosialnya.

Itulah mengapa Anda harus mendesain kemasan semenarik dan seunik mungkin. Bila identitas bisnis Juragan belum kuat, setidaknya kemasan yang menarik mampu menggerakkan hati pelanggan untuk membagikannya di media sosial secara cuma-cuma. Itu dia fungsi kemasan dari segi promosi.

atur keuangan usaha

Baca Juga: Contoh Kemasan Makanan Paling Menarik Terupdate 2020

5. Pusat informasi produk

Pada produk makanan, minuman, obat, dan kecantikan biasanya terdapat informasi detail mengenai isi kandungan, cara pakai, manfaat, serta tanggal pembuatan dan kedaluwarsa. Produk-produk tersebut dapat diketahui keamanannya apabila terdapat informasi telah lolos sertifikasi BPOM yang biasanya terdapat pada kemasan. Selain kandungan pada kemasan, informasi juga berkaitan dengan nama dan alamat produsen, berat bersih isi, hingga harga eceran tertinggi.

6. Memberi tahu cara membuang kemasan

Sampah bekas produk menjadi biang atas rusaknya lingkungan hidup. Oleh karena itu, penting memberikan informasi pada kemasan tentang tata cara membuang kemasan yang baik. Hal ini juga berfungsi untuk menumbuhkan brand awareness bahwa perusahaan Juragan juga peduli dengan lingkungan alam sekitar. Untuk memaksimalkan cara tersebut, gunakan material kemasan yang ramah lingkungan dan mudah terurai.

7. Memikat perhatian pelanggan

Promosi bertujuan untuk memikat perhatian pelanggan. Salah satu bentuk promosi adalah dengan menampilkan produk pada papan iklan serta media-media iklan lainnya. Selain menarik dari segi desain, kemasan juga berfungsi untuk memikat perhatian pelanggan berdasarkan target pasar.

Beberapa perusahaan besar telah melakukan kolaborasi dengan artis-artis terkenal. Salah satunya dilakukan oleh McDonald yang berkolaborasi dengan boy grup asal Korea Selatan, BTS. McDonald paham bahwa BTS memiliki jumlah penggemar yang sangat besar di seluruh dunia. Selain itu, penggemar Idol Grup asal Korea Selatan juga dikenal cukup fanatik, sehingga mereka yakin mampu memikat perhatian pelanggan dengan lebih mudah dan mendatangkan profit yang sangat besar.

8. Meningkatkan kenyamanan pelanggan

Kenyamanan di sini meliputi beberapa aspek. Dari segi konsumsi, kemasan yang dapat membungkus dengan baik dapat menghadirkan kenyamanan bagi pelanggan saat mengonsumsinya. Jika kemasan mudah rusak, pelanggan bisa saja mengajukan komplain.

Aspek selanjutnya adalah dari segi penyimpanan serta pemindahan barang ataupun produk. Sebagai contoh, sepatu akan lebih mudah disimpan dan dipindahkan bersamaan dengan kotak kemasannya. Hal ini akan berbanding terbalik apabila sepatu disimpan tidak disertai dengan kotak kemasannya. Sepatu berisiko lebih mudah kotor, rusak, hingga membuat penyimpanan menjadi berantakan.

Kemudian, dari segi distribusi, pelanggan akan merasa lebih nyaman apabila menerima barang dalam kondisi kemasan yang baik. Bukan tidak mungkin, kerusakan pada kemasan bisa menyebabkan pelanggan mengajukan komplain.

9. Menambah nilai jual

Fungsi kemasan produk selanjutnya adalah menambah nilai jual. Sebagus apapun kualitas bahan suatu produk, apabila tidak diiringi dengan kemasan yang baik, nilainya tidak akan bertambah. Sebagai contoh sederhana, celana dalam yang dibungkus dengan kemasan yang baik dapat meningkatkan harganya berkali-kali lipat dibandingkan dengan yang dijual tanpa kemasan.

Nilai jual juga berkaitan dengan identitas bisnis. Sebagai contoh, nilai jual produk ponsel Apple lebih mahal daripada merek ponsel lainnya. Hal ini karena Apple menempati posisi nomor satu sebagai perusahaan dengan nilai brand paling mahal serta produknya yang terbukti berkualitas.

10. Menjamin produk

Mungkin Juragan pernah memesan makanan dengan cara dikemas atau dibungkus, tapi sesampainya di rumah, rasa makanan tersebut tidak lagi enak. Hal itu bisa terjadi karena makanan tidak dikemas dengan baik sebab makanan terkadang rentan terhadap kondisi-kondisi tertentu.

Fungsi kemasan pada produk nonmakanan bisa menjamin keselamatan produk dari benturan yang menyebabkan kerusakan fisik hingga mengotori produk. Penggunaan kemasan dalam proses pendistribusian juga memberikan insight positif kepada pelanggan bahwa proses pengiriman yang dilakukan Juragan sudah profesional. Sehingga, pelanggan tidak akan ragu untuk memesannya kembali di lain waktu.

Itu dia fungsi kemasan yang harus Juragan perhatikan agar mendapatkan brand awareness yang positif dari calon pelanggan. Selain mempertimbangkan kemasan, Juragan juga perlu kelola keuangan bisnis dengan baik agar usaha makin diminati oleh pelanggan. Kini, mengelola keuangan bisnis bisa lebih mudah berkat adanya platform BukuWarung.

BukuWarung adalah aplikasi yang dapat mencatat transaksi digital gratis untuk UMKM. Selain itu, Juragan juga bisa mengelola stok dengan lebih efisien, sehingga Juragan bisa mengalokasikan waktu untuk memikirkan cara meningkatkan penjualan. Nah, tunggu apa lagi? Download BukuWarung di Google Play Store sekarang juga dan nikmati manfaatnya!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download