Download Gratis
Butuh bantuan?

Cara Bisnis Croffle Agar Laris Manis

Apa itu croffle? Croffle adalah camilan yang ditemukan oleh chef pastry bernama Louise Lennox. Croffle merupakan akronim dari croissant dan waffle. Chef Lennox membuat croffle dengan menempatkan adonan croissant yang telah dilapisi mentega ke cetakan waffle.

Biasanya croffle diberi tambahan topping berbagai rasa seperti selai coklat, strawberry, alpukat, daging, dan buah-buahan. 

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Menurut chef Lennox, ide di balik croffle adalah bagaimana untuk membuat seseorang bisa mendapatkan croissant dengan lebih enak menggunakan cetakan waffle.

Croffle viral di dunia maya dikarenakan penyanyi asal Korea Selatan Kang Min-kyung yang bercerita di akun YouTubenya bahwa croffle adalah makanan favoritnya.

Sejak itulah croffle menjadi populer di Korea Selatan hingga popularitasnya merambah ke negara kita Indonesia. Di Indonesia, para YouTuber juga mempromosikan makanan croffle ini. Bisa ditebak bahwa kalangan terbanyak yang menikmati croffle adalah anak muda yang sehari-hari menggunakan internet.

Rasa Croffle

Pembuatan croffle hanya memakan waktu sekitar 5 menit. 

Buat Toko Online Sendiri

Tekstur yang dimiliki croffle lebih padat dibandingkan croissant, tetapi tidak lebih kering dibandingkan croissant pada umumnya.

Berdasarkan bentuknya, croffle sangat mirip dengan waffle. Bahkan, orang-orang sering salah mengira bahwa ini adalah waffle. 

Rasa croffle mirip seperti waffle dengan berbagai topping yang dapat disesuaikan gurih atau manis. Biasanya, croffle dapat ditemui di toko roti, mall, atau Juragan dapat membuatnya sendiri dengan modal croissant dan cetakan waffle.

atur keuangan usaha

Apakah Croffle Cocok Sebagai Ide Bisnis?

Jika dikatakan apakah cocok? Tentu saja harus melalui uji pasar terlebih dahulu. 

Croffle adalah makanan asing yang diadopsi Indonesia. Rasa dan teksturnya tentu sama dengan selera orang luar negeri. agar croffle dapat diterima oleh masyarakat Indonesia harus disesuaikan rasanya dengan kearifan lokal.

Namun, Juragan tidak perlu risau karena semua makanan telah mempunyai pasar tersendiri. Biasanya pasar untuk makanan asing sangat diminati oleh kalangan anak muda. Mereka membelinya karena lagi viral di sosial media dan ingin mencobanya.

atur keuangan usaha

Juragan juga bisa memodifikasi croffle dengan tambahan es krim dan topping favorit masyarakat Indonesia. Penambahan es krim dan topping membuat croffle dapat diterima oleh selera lokal. Apalagi, croffle tergolong makanan mewah yang tidak semua tempat menjualnya.

Kesimpulannya, croffe cocok dijadikan sebagai ide bisnis dengan menyasar target pasar anak-anak dan remaja.

Pilihan Bisnis Croffle

Franchise Croffle

Jika Juragan memiliki dana yang cukup besar dan belum sepenuhnya paham memanajemen bisnis maka pertimbangkan untuk memulainya dengan franchise croffle

Berbisnis franchise tidak memerlukan branding sehingga Juragan tidak pusing-pusing untuk memikirkannya. Biasanya, pihak franchise akan memberikan pelatihan, bahan baku, dan lain-lain. 

Kekurangan dari franchise adalah diperlukan modal yang besar untuk memulainya. Menyewa tempat, membayar karyawan, belum lagi jika pihak franchise meminta bagi hasil. Tentunya, biaya operasional yang Juragan keluarkan sangat besar.

Juragan dapat juga bergabung dengan franchise Crofella jika tertarik untuk bekerja sama dengannya.

Usaha Sendiri

Jika Juragan memilih untuk mengembangkan usaha croffle sendiri sangat bagus. Juragan dapat memanajemen sesuai dengan keinginan sendiri. Misalnya, memilih nama brand, daftar menu, dan lainnya.

Namun, perlu juga diingat membangun usaha baru sama dengan membangunnya dari 0. Juragan harus bisa bersaing dengan pemilik bisnis yang telah mempunyai brand ternama. 

Konsekuensinya, Juragan harus bekerja lebih keras lagi untuk menyainginya. Terlebih brand yang Juragan miliki belum dikenal banyak orang.

Meskipun begitu, bukan berarti usaha Juragan tidak akan sukses, ya. Selama croffle buatan Juragan enak dan disukai banyak orang pasti bisnis Juragan akan berkembang pesat. 

Promosikan bisnis croffle melalui berbagai media sosial dan toko online. Mengenalkannya membuat banyak orang akan tertarik mencoba makanan croffle Juragan.

Modal Bisnis Croffle

Menurut chef Satrio sekaligus YouTuber hanya bermodalkan Rp 36.000 Juragan bisa membuat 17 porsi croffle. Bahan baku yang digunakan cukup air matang, tepung terigu, mentega, gula pasir, dan puff pastry.

Selain bahan baku, Juragan memerlukan cetakan waffle untuk mencetak croffle. Harga cetakan waffle berkisar Rp 100.000 – Rp 1000.000 di berbagai situs marketplace.

Juragan juga perlu membeli perlengkapan lainnya seperti sendok, piring, lap, dan lain-lain. Anggap saja dengan modal 2 jutaan Juragan sudah dapat menjual croffle dengan berbagai topping yang lezat.

Analisis SWOT Croffle

Analisis ini diperlukan untuk melihat dan memperkirakan keberlangsungan usaha croffle. Berikut adalah analisisnya.

Strength (kekuatan)

  • Bahan baku tersedia di pasaran
  • Pengolahan mudah
  • Tidak membutuhkan biaya besar

Weakness (kelemahan)

  • Makanan asing sehingga perlu perkenalan terlebih dahulu
  • Rasa yang kurang cocok dengan selera lokal

Opportunities (peluang)

  • Penjualan online membantu promosi croffle
  • Croffle makanan baru yang pesaingnya sedikit

Threat (ancaman)

  • Croffle tergolong makanan viral yang keberadaannya dibutuhkan saat penasaran
  • Tidak diminati pasar karena rasa yang kurang cocok

Tips Bisnis Croffle

Telah diketahui bahwa croffle adalah makanan yang lagi viral. Keviralan ini memudahkan croffle untuk dikenali banyak orang. Oleh karena itu media pemasaran yang cocok melalui internet.

Juragan bisa menggunakan media sosial atau toko online untuk memasarkan croffle

Juragan juga bisa memasarkan croffle melalui toko offline. Rekomendasi tempat berjualan adalah di mall, cafe, dan lokasi keramaian seperti pada saat car free day. Disanalah terdapat banyak orang yang sangat sesuai dengan target pasar croffle.

Agar croffle yang Juragan jual dapat laris manis pastikan rasa dan kualitasnya terbaik. Juragan dapat mencobanya terlebih dahulu dan meminta pendapat orang lain terkait rasa croffle ini.

Selanjutnya agar croffle yang Juragan jual dapat dikenal dan diingat banyak orang gunakan packing yang baik dan unik. Desain packing croffle semenarik mungkin dan ramah  lingkungan. Sesuaikan juga dengan karakter target pasar croffle Juragan.

Branding pada bisnis sangat penting terlebih yang baru dimulai akan sangat dibutuhkan tenaga ekstra. 

Nah, itulah pengenalan apa croffle, peluang bisnis croffle, analisis SWOT croffle, dan tips jualan croffle. Juragan dapat mencoba bisnis ini karena pesaingnya cukup sedikit. Terlebih croffle adalah makanan kekinian yang masih memiliki potensi untuk berkembang di masa depan.

Menurut BukuWarung, ada baiknya Juragan memanfaatkan media sosial sepenuhnya untuk mempromosikan produk ini. Mereka target pasar croffle adalah anak muda yang sering berinteraksi di media sosial.

Juragan dapat menggunakan aplikasi TikTok, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya yang mempunyai traffic tinggi.

Setelah ada orderan masuk Juragan perlu menginstal aplikasi BukuWarung. Aplikasi BukuWarung membantu UKM dalam mencatatkan pembukuan usahanya secara digital dengan mudah. 

Di dalam aplikasi BukuWarung terdapat beragam fitur lengkap yang membantu Juragan dalam mengelola bisnis croffle ini. Semakin baik pengelolaan kas sebuah bisnis maka semakin baik juga bisnis tersebut. 

Juragan dapat mendownload aplikasi BukuWarung di Playstore dan Appstore secara gratis, ya.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download