Download Gratis
Butuh bantuan?

Cara Memulai Usaha Les Privat

Bagi Juragan yang memiliki keahlian mengajar, tentu membuka usaha les privat menjadi suatu hal yang patut dipertimbangkan.

Dengan memanfaatkan keahlian yang dimiliki, Juragan pun bisa menghasilkan keuntungan yang melimpah setiap bulannya. Oleh sebab itu, Juragan bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka usaha les privat, karena peluang usaha ini cukup bagus.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Manfaatkan Peluang untuk Usaha Les Privat

Setiap memulai bisnis, tentu saja ada alasan yang kuat kenapa Juragan membuka usaha tersebut. Salah satu bisnis yang memiliki peluang bagus saat ini adalah membuka usaha les privat.

Jika Juragan menekuni bisnis ini sebagai usaha yang serius, maka prospek ke depannya akan sangat menguntungkan dan berpotensi untuk terus berkembang dalam skala besar.

Berikut adalah peluang membuka les privat yang patut dipertimbangkan :

1. Les privat sebagai tambahan belajar anak

Selain melaksanakan pendidikan di sekolah, anak juga bisa menambah ilmu dan pengetahuannya melalui les privat yang ada.

Buat Toko Online Sendiri

Keinginan anak dan orang tua agar tidak tertinggal materi di sekolah, membuat les privat semakin banyak dicari untuk memberikan layanan bimbingan belajar yang efektif di luar sekolah.

Hal inilah yang menjadi salah satu peluang bagi Juragan untuk membuka usaha ini. Sehingga, usaha ini tak akan ada matinya karena pendidikan adalah sebuah kebutuhan.

2. Modal yang ringan

Jika biasanya bisnis identik dengan menjual suatu produk, maka untuk usaha kali ini Juragan menyediakan jasa atau layanan bimbingan belajar melalui les privat.

atur keuangan usaha

Dalam hal ini, modal yang dibutuhkan untuk memulainya pun sangat ringan. Apalagi jika les privat ini dilakukan dengan mendatangi rumah anak, yang menggunakan jasa Juragan untuk melakukan bimbingan belajar.

Dengan demikian, modal utama yang Juragan butuhkan untuk memulai usaha ini tidak sampai 1 juta, lho! Sangat ringan sekali, bukan!

3. Pangsa pasar yang luas

Peluang selanjutnya yang membuat bisnis ini sangat menarik untuk dijalankan adalah adanya pangsa pasar yang luas. Saat ini, banyak orang tua yang menginginkan anaknya mendapat bimbingan belajar yang tepat.

atur keuangan usaha

Tak hanya anak-anak sekolah menengah, anak-anak SD, bahkan TK pun sebagian besar sudah diikutkan les oleh orang tuanya, untuk mengasah kemampuan anak dalam berbagai kegiatan.

Hal ini dilakukan agar saat terjun di dunia pendidikan formal di sekolah nanti, anak-anak ini telah terbiasa untuk berinteraksi dan bekerjasama dengan teman-temannya.

4. Solusi untuk orang tua yang sibuk

Saat ini, banyak orang tua yang mengeluhkan tidak bisa mendampingi belajar anaknya di rumah karena kesibukan masing-masing. Hal inilah yang menjadi alasan bahwa, peluang usaha les privat menjadi bisnis yang menarik.

Hal ini membuat banyak orang tua yang menginginkan adanya guru privat yang datang, dan menemani anaknya belajar di rumah.

Dengan begitu, anak akan lebih mudah dalam proses belajar, karena setiap kesulitan yang dihadapi bisa ditanyakan langsung kepada guru privat yang mendampinginya.

5. Upah yang diperoleh menguntungkan

Meskipun modal yang Juragan keluarkan untuk memulai bisnis ini sangatlah ringan, bukan berarti upah yang Juragan terima sedikit, lho!

Melalui les privat, tentunya Juragan hanya melayani bimbingan kepada 1 hingga 2 siswa saja, dengan datang ke rumah anak yang bersangkutan.

Hal inilah yang membuat biaya les privat lebih eksklusif dibandingkan dengan les berkelompok. Maka, upah yang Juragan dapatkan setiap bulannya pasti sangat menguntungkan, bukan?

Cara Memulai Usaha Les Privat yang Efektif

Nah, untuk memulai usaha ini, maka Juragan harus memberikan konsep les privat yang berbeda dengan yang lainnya, agar calon pelanggan tertarik untuk menggunakan jasa les privat Juragan.

Berikut adalah cara memulai usaha ini :

1. Menentukan konsep usaha les privat

Sebelum memulai usaha ini, maka Juragan perlu menentukan konsep usaha yang tepat untuk les privat Juragan. Nah, dalam hal ini Juragan bisa menyediakan les privat rumahan maupun secara franchise.

Dibandingkan dengan les privat rumahan, tentunya konsep franchise membutuhkan modal yang lebih besar. Melalui franchise ini, les privat Juragan akan lebih mudah dikenal masyarakat karena sudah banyak dikenal sebelumnya.

Jika Juragan memilih konsep les privat rumahan, maka modal yang dibutuhkan lebih ringan, akan tetapi Juragan perlu usaha untuk melakukan promosi agar lebih banyak dikenal masyarakat luas.

Maka, Juragan bisa menentukan konsep mana yang tepat untuk Juragan pakai dalam memulai usaha ini, agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Juragan.

2. Menentukan pangsa pasar

Sebelum memulai usaha ini, Juragan juga perlu menentukan pangsa pasar yang sesuai dengan usaha Juragan.

Jika Juragan membuka les privat untuk mata pelajaran tertentu saja, maka tidak semua jenjang bisa mendaftar les di Juragan.

Akan tetapi jika Juragan menyediakan berbagai mata pelajaran, maka semua jenjang bisa mendaftarkan les di tempat Juragan.  Tentunya hal ini juga akan semakin memperluas pangsa pasar Juragan, bukan?

3. Mempersiapkan modal usaha

Meskipun usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar, bukan berarti Juragan tidak membuat anggaran begitu saja.

Sekecil apapun modal yang dibutuhkan dalam membuka usaha, membuat rincian anggaran menjadi suatu hal yang sangat penting, agar kebutuhan dapat dipersiapkan dengan optimal.

4. Mengajak rekan sesama pendidik

Agar Juragan tidak kewalahan dengan banyaknya peminat siswa yang ingin les di tempat Juragan, maka Juragan perlu mengajak rekan sesama pendidik untuk bergabung dengan Juragan.

Dengan begitu tenaga pengajar yang ada di tempat les Juragan menjadi lebih banyak, sehingga bisa melayani siswa dalam jumlah yang banyak pula.

Hal ini juga dapat dijadikan cara untuk memperluas pangsa pasar Juragan, lho!

5. Menyiapkan inovasi pembelajaran yang menarik

Tak hanya perlu menentukan konsep les privat yang sesuai dengan keinginan Juragan, tentunya Juragan juga perlu menerapkan inovasi pembelajaran yang menarik untuk diberikan kepada siswa.

Memberikan pembelajaran yang menarik melalui berbagai media, menjadi salah satu cara mengajar les privat yang efektif. Karena hal ini jarang ditemukan di sekolah-sekolah formal.

Dengan mengajar les privat yang efektif, maka siswa akan lebih memahami materi yang kurang dipahami di sekolah. Sehingga para siswa akan merasa nyaman mengikuti les di tempat Juragan.

6. Memulai les dengan door to door

Agar modal awal yang dibutuhkan tak begitu besar, maka Juragan bisa mulai membuka les dengan metode door to door.

Dalam hal ini Juragan Harus datang ke rumah siswa satu per satu, untuk memberikan bimbingan belajar.

Hal ini juga memudahkan Juragan, untuk tidak menyediakan tempat atau bahkan menyewa tempat untuk membuka usaha ini.

Dengan begitu, siswa akan lebih mudah memahami materi yang kurang dipahami.

7. Memberikan biaya les sesuai pasaran

Sebelum Juragan membuka usaha les ini, tentu sebelumnya juga telah banyak kompetitor yang serupa dengan usaha Juragan.

Hal ini juga bisa menjadi pemicu bagi Juragan untuk bisa lebih baik dari tempat les lainnya.

Adanya kompetitor sebelumnya, juga akan memudahkan Juragan dalam menentukan biaya les privat di tempat Juragan.

Juragan bisa menyesuaikan dengan biaya les di pasaran seperti apa, misalnya hitungan biaya les privat per hari, per jam, per minggu, atau bahkan per bulan.

Juragan bisa memberikan promo tertentu atau potongan harga yang menarik sebagai promosi kepada masyarakat. Akan tetapi, hal ini juga tetap tidak boleh merugikan usaha Juragan. Apakah Juragan tertarik mencoba usaha ini?

Meskipun modal yang dibutuhkan ringan, akan tetapi biaya les privat per hari, per minggu, atau per bulan tetap saja akan memberikan keuntungan yang besar bagi Juragan.

Untuk itu, Juragan bisa mengandalkan kami melalui aplikasi BukuWarung dalam menjalankan bisnis. Melalui aplikasi ini, Juragan akan lebih mudah dalam mengatur biaya les privat, hingga laporan keuangan agar tidak menimbulkan kerugian. Download aplikasinya sekarang juga melalui Play Store atau website kami

Bagi Juragan yang ingin membuka usaha les privat, maka Juragan bisa menerapkan cara-cara di atas untuk memulainya.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download