Download Gratis
Butuh bantuan?

FnB Adalah: Pengertian, Departemen, Tugas, dan Peluangnya di Indonesia

FnB adalah sektor usaha yang memberikan kontribusi besar terhadap keuntungan di industri hospitality. Kegiatan-kegiatan seperti pertemuan bisnis atau event pribadi dan sosial membuat bisnis makanan dan minuman ini semakin dibutuhkan. Para profesional di bidang FnB juga senantiasa berusaha meningkatkan pelayanan demi pelanggan.

FnB bisa menyediakan layanannya kepada pelanggan di lokasi tertentu (on-premise), seperti hotel atau restoran, juga di tempat yang diinginkan pelanggan (off-premise). Juragan tertarik untuk memulai bisnis FnB sendiri? Sebelum itu, ketahui dahulu informasi seputar FnB, mulai dari pengertian, departemen, tugas, dan peluangnya di Indonesia yang akan diulas selengkapnya di bawah ini!

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Apa itu FnB?

FnB adalah layanan yang mencakup proses menyiapkan serta menyajikan makanan dan minuman kepada pelanggan. Seperti disebutkan sebelumnya, layanan FnB terdiri dari dua jenis, yaitu on-premise dan off-premise. Berikut penjelasannya:

  1. On-premise – Makanan dan minuman pada layanan ini disediakan di tempat yang telah ditentukan. Maka, pelanggan harus mengunjungi tempat tersebut untuk mendapatkan pelayanan. Lokasi FnB on-premise tetap dan memiliki kelengkapan yang baik untuk menarik pelanggan. Contohnya adalah restoran atau kafe.
  2. Off-premise atau outdoor catering – Jenis layanan ini mencakup memasak, mempersiapkan, dan memberikan layanan makanan dan minuman sesuai tempat yang diinginkan oleh pelanggan. Layanan ini disediakan jauh dari lokasi penyedia layanan FnB serta disediakan pada acara-acara besar dengan jumlah pelanggan yang besar.

Baca Juga: Kata kata Promosi Jualan Makanan

Kenalan dengan departemen food and beverage

fnb adalah

Food and beverage department merupakan bagian dari hotel yang tugasnya mengurus kebutuhan pelayanan makanan dan minuman pelanggan. Tidak terkecuali pula berbagai kebutuhan tambahan lain dari para tamu. Tugas dan tanggung jawab ini dikelola secara komersial serta profesional. Sebagai informasi, departemen food and beverage ini dibagi menjadi dua, Gan, yaitu back service dan front service. Berikut penjelasannya:

Buat Toko Online Sendiri
  1. Back service – Sesuai namanya, departemen food and beverage ini memiliki tugas memberikan pelayanan di wilayah belakang. Petugas back service bekerja di kantin, pelayanan bar, dan dapur. Itulah mengapa pegawai back service FnB tidak berhadapan langsung dengan konsumen, tapi krusial perannya bagi kenyamanan semua pelanggan.
  2. Front service – Departemen front service FnB merupakan pelayanan restoran atau hotel bagian depan, Gan. Layanan yang termasuk front service adalah tempat makan, room service, dan bar. Departemen inilah yang berhubungan secara langsung dengan setiap tamu yang datang.

Baca Juga: Bedah Bisnis Rumah Makan Padang

Tugas food and beverage

Tugas food and beverage dibagi menjadi tiga, yakni pelayan, kepala pelayan, dan supervisor. Berikut informasinya:

1. Pelayan

Pelayanan bertugas menyediakan makanan dan minuman dengan cepat sesuai pesanan kepada para tamu. Untuk memenuhi tingkat kepuasan tamu, layanan ini tentunya diberikan sesuai standar. Beberapa tugas pelayanan dalam bisnis FnB pada umumnya adalah:

atur keuangan usaha
  • Menyiapkan hidangan makanan dan minuman sesuai standar kepada pelanggan;
  • Melakukan pemeriksaan terhadap semua peralatan dan furniture lokasi FnB;
  • Menyiapkan semua peralatan makan yang bersih untuk melayani pelanggan;
  • Siap siaga melayani kebutuhan tambahan yang diinginkan oleh pelanggan;
  • Mencetak bill atau tagihan pembayaran sesuai pesanan kepada pelanggan. 

2. Kepala pelayan

Sesuai namanya, kepala pelayanan adalah pelayanan senior yang tugas utamanya adalah mengatur dan mengawasi pelayanan FnB. Kepala pelayan dituntut mampu dalam memastikan hidangan tersaji dengan cepat dan efisien. Beberapa tugas kepala pelayanan untuk memastikan kelancaran bisnis FnB biasanya adalah:

  • Memastikan layanan yang diberikan oleh para pelayanan terhadap pelanggan memiliki standar tinggi dalam hal waktu, kualitas, serta personalisasi;
  • Memastikan setiap pelayanan yang disediakan sudah memenuhi standar yang ditetapkan;
  • Memastikan setiap pesanan pelanggan tersaji tepat waktu;
  • Memastikan keseimbangan antara tugas dan kesejahteraan pelayan;
  • Memastikan setiap pelanggan yang datang merasa nyaman dan puas;
  • Memastikan setiap staf yang bertugas disiplin dan memenuhi standar kebersihan.

3. Supervisor

Dalam jajaran tugas food and beverage, supervisor bertugas mengatur para pekerja di bawahnya. Tugas supervisor utamanya adalah mengatur, mengawasi, dan melatih semua karyawan untuk menyediakan layanan yang cepat dan dipersonalisasi kepada para pelanggan sehingga mendorong kepuasan pelanggan. Berikut beberapa tugas umum supervisor di FnB:

  • Memberikan pengarahan lewat komunikasi dua arah, pelatihan, dan tindakan korektif;
  • Memastikan kepuasan tamu dengan mengatasi keluhan secara cepat dan tepat;
  • Memastikan layanan sudah memenuhi standar dengan menyelenggarakan pelatihan staf;
  • Mendorong peningkatan penjualan restoran lewat memaksimalkan pelayanan;
  • Memastikan keamanan para karyawan lewat restoran yang bebas bahaya kerja;
  • Memberikan reward kepada karyawan dengan melakukan penilaian kinerja para staf;
  • Memberikan motivasi kepada para staf melalui kepemimpinan yang adil;
  • Menjadi wakil saat manajer sedang tidak ada untuk memastikan kelancaran bisnis;
  • Menyusun jadwal shift para pekerja FnB berdasarkan persetujuan manajer untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan kerja dan staf dirotasi secara adil;
  • Menentukan tugas harian masing-masing staf bawahan agar kebutuhan kerja yang mendesak terpenuhi dan memastikan kesetaraan kerja antarstaf.

Baca Juga: Franchise Minuman Booming

atur keuangan usaha

Peluang bisnis FnB di Indonesia

Sejauh ini, peluang bisnis FnB di Indonesia masih sangat besar. Industri FnB di tanah air terus mencatat pertumbuhan positif beberapa tahun terakhir, bahkan saat dilanda pandemi Covid-19. Kondisi pandemi tak menghalangi industri FnB untuk bertahan dan terus mengikuti kemajuan teknologi sekarang, Gan.

Selama pandemi Covid-19, data Kementerian Perindustrian menunjukkan bahwa industri FnB mampu mencatat pertumbuhan positif di angka 2,95 persen pada kuartal kedua tahun 2021. Pertumbuhan ini berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional yang mencapai angka 6,66 persen. 

Pertumbuhan industri FnB juga semakin didukung oleh tingginya perkembangan teknologi. Misalnya, bertambahnya pengguna internet di Indonesia sebesar 17 persen (sekitar 25 juta pengguna) yang membuat angka pengguna internet menyentuh angka 175,4 juta pada Januari 2020. Data yang dikeluarkan oleh Kepios Singapura ini memberikan gambaran besarnya peluang bagi industri FnB untuk terus tumbuh dan berkembang seiring meningkatnya demand dari pelanggan.

Industri FnB di Indonesia diperkirakan akan semakin mantap dan berkembang lebih pesat seiring dengan besarnya jumlah pengguna internet di tanah air. Besarnya pengguna internet ini akan terus menjadi angin segar bagi industri FnB untuk memanfaatkan peluang melakukan ekspansi bisnis dan menggaet pasar yang lebih luas, Gan. Kemajuan teknologi yang pesat juga akan sangat mendorong dunia bisnis untuk melakukan transformasi digital untuk peningkatan profit dan daya saing.

Nah, itu tadi informasi mengenai serba-serbi FnB yang perlu diketahui, Gan. Bisnis apa pun akan berhasil jika mempunyai sistem manajemen yang baik dan senantiasa menjawab kebutuhan pasarnya. Untuk kelola keuangan bisnis Juragan dengan lebih baik, gunakan BukuWarung yang punya berbagai macam fitur untuk bantu catat arus keuangan untuk mengelola keuangan bisnis secara lebih mudah dan akurat.

Kalau Juragan menggunakan aplikasi BukuWarung, setiap transaksi penjualan bisnis Juragan akan tercatat secara otomatis. Aplikasi ini juga bisa memperbarui stok, sehingga stok yang ada di aplikasi akan selalu sama dengan stok di gudang. Yuk, download aplikasi BukuWarung di Google Play Store sekarang juga!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download