Download Gratis
Butuh bantuan?

Peluang Usaha Kaktus, Keuntungan dan Cara Memulainya!

Didunia ini tampaknya semua bisa dimanfaatkan sebagai bisnis. Mulai dari keluhan wc mampet yang menciptakan jasa penyedot wc sampai keluhan malas keluar rumah yang menciptakan bisnis jasa layanan antar barang.

Begitu juga dengan kaktus. Usaha kaktus dan sukulen saat ini memang menjadi peluang usaha yang bisa dilakukan mulai dari rumahan sampai sekelas industri. Kaktus hias merupakan tanaman kering yang cocok dijadikan hiasan di rumah.

Buat Toko Online Sendiri

Bahkan, kaktus juga dijadikan sebagai souvenir pernikahan, loh. Mengagumkan, bukan? Dulunya dipandang sebagai hobi merawat tanaman dan sekarang sudah bisa juga untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis usaha kaktus.

Penasaran ingin memulai bisnis usaha kaktus? Lantas bagaimana prospek dan cara memulainya? Inilah penjelasannya dari BukuWarung.

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

Mengenal Kaktus 

Kaktus adalah tanaman yang banyak ditemukan di gurun pasir atau lokasi kering lainnya. Tanaman ini dapat hidup dalam waktu yang lama meskipun hanya memiliki sedikit kadar air pada lokasi hidupnya. Kemampuan kaktus untuk hidup walaupun di lahan kering dikarenakan akar panjangnya yang dapat memperluas penyerapan air dalam tanah.

Selanjutnya, air yang terserap tersebut disimpannya ke batang yang berlapis lilin. Batang yang berlapis lilin dan daun berduri bermanfaat untuk meminimalisir air yang menguap. Sehingga, kaktus akan dapat hidup dengan cadangan air di batangnya walau tempat hidupnya minim air.

Jenis kaktus yang tumbuh liar di gurun pasir berbeda dengan yang biasanya dijual sebagai tanaman hias. Kaktus yang dijual sebagai tanaman hias mempunyai keunikan tersendiri.

Kaktus hias umumnya berukuran kecil dengan warna-warna menarik pada ujungnya. Kaktus hias lebih rentan untuk mati dibandingkan kaktus yang berada di gurun pasir karena ukurannya yang sangat kecil dan mudah stress apabila perawatannya tidak cocok.

Ukuran kaktus hias yang kecil membuatnya cocok sebagai hiasan di dalam maupun luar rumah. Biasanya, orang meletakkan kaktus pada pot tanaman kecil di ruang tamu atau pintu masuk rumah. Kegunaannya tentu saja sebagai hiasan dan membuat penghuni rumah terhindar dari stress. Kaktus yang imut dan lucu dapat meningkatkan keceriaan penghuni rumah, loh.

Prospek Bisnis Kaktus

Berkaitan dengan prospek dan peluang bisnis kaktus dan sukulen bisa dikatakan sangat ramai dan menjanjikan sekali. Kaktus dan sukulen sendiri mempunyai pasar yang sangat luas dan beragam. Pasar kaktus mulai dari remaja hingga lansia. Untuk usia remaja biasanya mereka menggunakan kaktus untuk hadiah ulang tahun atau untuk mendekorasi kamar kosnya

Usia dewasa biasanya menggunakan kaktus hias sebagai souvenir pernikahannya dan dijadikan hiasan untuk rumah barunya, hehehehe. Sedangkan untuk usia lansia mereka yang lebih banyak memiliki waktu luang akan menggunakannya untuk merawat tanaman dan mencari kesibukan ringan. Misalnya bercocok tanam kaktus dan memotretnya untuk dijadikan pajangan pigura.

Melihat pasar kaktus dan sukulen yang masih luas dan beragam bisa Juragan jadikan sebagai ide bisnis yang kreatif, loh. Juragan dapat mengkreasikan kaktus dengan berbagai macam kebutuhan dan barang yang ada di sekitar kita.

Juragan bisa mengkreasikannya menjadi kelas bercocok tanam kaktus dan kelas merangkai kaktus agar estetik. Nantinya dari aktivitas tersebut Juragan akan mendapatkan keuntungan tambahan disamping menjual tanaman kaktus.

Kaktus yang memiliki nilai keunikan sendiri akan menjadi incaran para kolektor, loh. Bayangin aja jika kaktus yang Juragan rawat ditawar jutaan rupiah tetapi tidak jadi dibeli, hehehehe bercanda. Bayangkan jika kaktus Juragan dibeli oleh kolektor karena keunikan dan kelangkaannya tentu Juragan pasti senang sekali, bukan?

Cara Memulai Bisnis Kaktus

Cara memulai bisnis kaktus dan sukulen terbagi menjadi dua macam. Cara pertama adalah mengembangbiakkan sendiri dan cara kedua adalah membeli dari petani dan menjualnya (reseller).

Misalnya, jika Juragan akan memulai dengan mengembangbiakkan sendiri yang diperlukan sebagai berikut

1. Pot Sebagai Media Tanam

Mengembangbiakkan kaktus harus memiliki pot sebagai media tanamnya. Pot yang dibutuhkan ada beragam sesuai dengan ukuran kaktusnya.

Pot disarankan terbuat dari polybag karena harganya murah dan memungkinkan pelanggan untuk meletakkannya pada pot mereka sendiri.

Bahan yang dibutuhkan untuk menanam kaktus adalah pasir, sekam, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Nantinya, silakan Juragan campur semua bahan tersebut dan letakkan pada polybag yang telah disediakan.

2. Perawatan 

Selanjutnya adalah tahap perawatan kaktus. Di tahap ini kaktus yang telah ditanam harus diperhatikan betul-betul agar tidak mati. Aspek yang perlu diperhatikan adalah pemupukan, pemberian air, dan tidak boleh terkena panas dan air hujan secara langsung.

Kelembaban juga diperlukan, ya. Pastikan kaktus hanya disiram 3 hari sekali. Kaktus yang disiram setiap hari akan menyebabkan akar dan batangnya membusuk. Ingat, kaktus adalah tanaman yang hanya membutuhkan sedikit air, ya

3. Pemasaran

Saat ini adalah zamannya teknologi dimana banyak orang yang membeli dan menjual barang-barangnya melalui toko online. Juragan perlu untuk membuat toko online yang digunakan sebagai media pemasaran kaktus dan sukulen.

Membuka toko online membuat kaktus Juragan akan dapat ditemui oleh berbagai macam orang dari seluruh Indonesia bahkan dunia. Membuka toko online gratis, kok. Juragan hanya perlu membuat toko di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan menggunakan sosial media seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, dan Tiktok.

Jangan lupakan juga untuk memberikan diskon kepada pelanggan Juragan, ya. Memberikan diskon kepada pelanggan akan meningkatkan loyalitas mereka terhadap toko Juragan. Mereka akan dengan sukarela untuk mempromosikan dagangan Juragan kepada teman dan keluarganya yang bisa menciptakan pendapatan tambahan untuk toko Juragan.

Tips Berbisnis Kaktus dan Sukulen

Tips memulai bisnis kaktus dan sukulen sebenarnya sama dengan bisnis-bisnis yang lainnya. Menjual produk yang bagus, memasarkannya, dan menarik pelanggan untuk bertransaksi adalah hal dasar  dalam semua bisnis.

Namun, dalam bisnis kaktus hal yang perlu diperhatikan adalah hama dan perawatan. Hama akan menyebabkan kaktus rusak dan perawatan yang salah akan membuat kaktus mati. 

Selanjutnya adalah pengiriman paket kaktus jika dikirim melalui ekspedisi maka Juragan harus mengemasnya secara benar dan aman. Kenapa Juragan harus melakukannya? Karena pengiriman melalui ekspedisi barang akan dilempar-lempar dan dapat merusak kaktus yang Juragan kirim

Lakukan juga promosi yang mengikuti zaman. Misalnya tidak lagi menjual di pinggir jalan tetapi, memanfaatkan teknologi untuk mempromosikan kaktus yang Juragan jual.

Baca juga : Bouqet Bunga, Objek Bisnis yang Digemari

Nah, itulah penjelasan tentang usaha kaktus yang bisa Juragan jadikan sebagai referensi ide bisnis. Semua bisnis pada dasarnya bagus dan mempunyai prospek luas. Namun, keahlian pemilik bisnis tersebutlah yang membuatnya sukses.

Konsisten dan selalu belajar hal baru membuat Juragan dapat menguasai pasar di berbagai sektor bisnis apapun. Keahlian manajerial juga diperlukan apalagi yang berhubungan dengan pembukuan.

BukuWarung telah meluncurkan aplikasi yang dapat membantu pelaku usaha untuk mengelola pembukuannya dengan baik dan mudah. Hanya melalui aplikasi dan tidak lagi menggunakan catatan buku manual. Juragan bisa mendownload aplikasi BukuWarung di Playstore dan Appstore secara gratis mulai dari sekarang! Yuk, download aplikasinya!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download