Download Gratis
Butuh bantuan?

Bisa Online, Ini Syarat-Syarat Pengajuan KUR BRI 2022

KUR atau Kredit Usaha Rakyat adalah program pemerintah yang kemudian disalurkan kepada penyedia layanan perbankan, termasuk Bank Rakyat Indonesia (BRI). Program ini ditujukan bagi para pelaku usaha maupun UMKM dan telah dilangsungkan sejak beberapa tahun lalu. Bahkan, kini pemerintah menaikkan plafon KUR Nasional menjadi Rp313,17 triliun dan menyubsidinya hingga 3%.

Untuk mengajukan KUR tersebut, seorang pemilik usaha harus mendatangi kantor bank BRI terdekat. Namun, kini program KUR juga bisa diajukan secara online. Lalu, apa saja syarat-syarat pengajuan KUR BRI pada 2022? Untuk mengetahui informasi lengkapnya, simak penjelasan berikut ini!

atur keuangan usaha
atur keuangan usaha

Apa itu KUR?

KUR atau Kredit Usaha Rakyat merupakan program pemerintah yang telah dilaksanakan sejak 5 November 2007 dan telah diatur dalam Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2007 tentang Pengembangan Sektor Riil dan Pemberdayaan UMKM. Meskipun termasuk program pemerintah, KUR kemudian disalurkan kepada berbagai penyedia layanan perbankan di Indonesia, termasuk Bank Rakyat Indonesia (BRI).

KUR ditujukan bagi para pelaku usaha, termasuk UMKM yang ingin mendapatkan sokongan biaya dengan pola penjaminan yang telah ditentukan. Dananya 100% berasal dari Bank/Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKKB) Penyalur KUR. Tujuan diadakannya program ini adalah untuk memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM. Untuk mendapatkan dukungan biaya dalam program KUR, para pelaku usaha harus memenuhi syarat-syarat tertentu.

Baca juga: Tips Produk Repeat Order Tinggi

Syarat pengajuan KUR BRI

Seperti yang disebutkan, salah satu layanan perbankan yang turut menyalurkan bantuan dana KUR adalah BRI. Untuk memperoleh pinjaman dana dari BRI, para pelaku usaha harus memenuhi beberapa syarat pengajuan KUR BRI. Berikut adalah syarat-syarat pokok yang harus Juragan penuhi saat ingin mengajukan kredit usaha ke BRI.

Buat Toko Online Sendiri
  1. Perorangan atau individu;
  2. Memiliki usaha yang aktif bergerak selama enam bulan;
  3. Tidak sedang memperoleh kredit dari bank, kecuali kredit konsumtif berupa KPR, KKB, dan kartu kredit;
  4. Seseorang telah menjalankan usahanya melalui platform digital, seperti Gojek dan Grab;
  5. Melengkapi persyaratan administratif, berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), serta surat izin usaha yang dapat berupa surat keterangan dari e-commerce atau ride hailing.

BRI menyediakan KUR untuk UMKM

Seperti yang telah dijelaskan secara singkat di atas, program KUR ini dibuat oleh pemerintah untuk membantu para pelaku UMKM. Target program ini adalah para pelaku usaha yang layak mendirikan sebuah usaha, tetapi belum memiliki dukungan biaya atau modal. Maka dari itu, pemerintah mengadakan program KUR yang selanjutnya disalurkan oleh berbagai layanan perbankan. Selain BRI, program KUR juga disalurkan melalui BNI dan Bank Mandiri.

KUR BRI bisa diajukan secara online

Dulu, KUR BRI hanya bisa diajukan dan diproses secara offline. Para pelaku usaha yang mengajukan pinjaman dana usaha ke BRI harus mendatangi kantor terdekat untuk mengisi formulir dan melengkapi dokumen persyaratan yang ditentukan, seperti KTP, KK, SKU (Surat Keterangan Usaha), dan jaminan yang dipilih, misalnya BPKB kendaraan.

Nantinya, petugas akan turun langsung ke lapangan untuk menilai apakah pihak yang mengajukan KUR tersebut layak menerima pinjaman modal usaha. Jika disetujui, pelaku usaha tersebut harus menandatangani kontrak perjanjian kredit pinjaman dengan BRI dan menyetor angsuran secara rutin setiap bulannya. Namun, kini pengajuan KUR BRI juga bisa dilakukan secara online melalui website kur.bri.co.id, lho!

atur keuangan usaha

Baca juga: Tips Membuka Cabang Usaha Baru

Jenis pinjaman KUR BRI

syarat pengajuan kur bri
Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Ada tiga jenis pinjaman yang tersedia dalam program KUR BRI. Tiga jenis pinjaman ini didasarkan pada skala usaha yang dijalankan. Berikut penjelasan lengkapnya, Gan!

  1. KUR TKI

KUR TKI adalah pinjaman khusus yang diberikan pada para calon Tenaga Kerja Indonesia yang akan berangkat ke negara tujuan, tetapi belum memiliki modal keberangkatan. Karena ditujukan bagi para TKI, maka yang mengajukan harus memenuhi persyaratan administrasi sebagai individu maupun sebagai pekerja yang akan diberangkatkan ke luar negeri.

atur keuangan usaha

Seseorang yang ingin mengajukan pinjaman uang pada BRI harus melengkapi persyaratan administrasi berupa KTP, KK, surat perjanjian penempatan, paspor, surat perjanjian kerja dengan pengguna jasa, serta persyaratan lainnya yang menunjang keperluan calon TKI. Pinjaman yang akan diberikan pada jenis ini bisa mencapai Rp25 juta.

  1. KUR mikro

Berikutnya, ada KUR mikro, yaitu pinjaman yang diberikan pada para pelaku usaha mikro. Pinjaman uang yang disediakan pada jenis ini bisa mencapai Rp25 juta apabila seseorang yang mengajukan pinjaman terbukti memiliki usaha layak dan produktif selama enam bulan terakhir. Selain itu, seorang peminjam juga harus memenuhi beberapa persyaratan umum yang telah dijelaskan di atas. 

  1. KUR kecil

Terakhir, ada KUR kecil, yakni pinjaman yang ditujukan bagi para pelaku usaha yang skalanya lebih besar dari sebelumnya. Pinjaman yang dapat diberikan pada jenis KUR ini bisa mencapai Rp25-500 juta. Syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan jenis pinjaman ini juga hampir sama dengan yang sebelum-sebelumnya, yaitu memenuhi persyaratan umum, seperti jangka waktu usaha minimal enam bulan dan beberapa persyaratan administratif lainnya.

Baca juga: Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

Cara mengajukan KUR BRI

Selain jenis dan syarat pengajuan KUR BRI, ada cara pengajuan yang juga perlu Juragan ketahui. Seperti penjelasan di atas, KUR BRI kini bisa diajukan secara online lewat website kur.bri.co.id. Kalau Juragan belum punya akun, klik “Daftar” pada website dan lengkapi formulir pendaftaran tersebut. Setelah selesai mendaftar, masukkan email dan password Juragan. Kemudian, pilih “Ajukan Pinjaman” dan lengkapi formulir pengajuan tersebut sebelum mengirimnya. Mudah, bukan?

Suku bunga dan jangka waktu pinjaman

Ketika mengajukan pinjaman dalam program KUR, ada ketentuan terkait jangka waktu pinjaman dan suku bunga KUR BRI yang telah ditetapkan. Untuk jangka waktu yang ditawarkan BRI, ada tiga pilihan yang bisa Juragan pilih, yaitu 12, 18, 24, 48, hingga 60 bulan. Dalam jangka waktu tersebut, Juragan bisa membayar pinjaman berikut bunga yang telah ditetapkan.

Berapa bunga yang ditetapkan oleh pemerintah pada KUR 2022? Saat ini, bunga KUR BRI berada pada angka 6% dengan total pinjaman yang bisa mencapai Rp50 juta per debiturnya. Jadi, jika Juragan mengajukan pinjaman Rp10 juta dengan jangka waktu 12 bulan, nilai yang harus Juragan bayarkan setiap bulannya adalah Rp860.700.

Itulah penjelasan lengkap mengenai Kredit Usaha Rakyat (KUR) berikut syarat pengajuan KUR BRI, jenis pinjaman yang disediakan, cara mengajukan, suku bunga, dan jangka waktu pinjaman yang ditawarkan. Jika ingin memiliki tambahan modal usaha untuk mengembangkan bisnis, Juragan bisa mengajukan KUR lewat BRI.

Sebuah bisnis akan berkembang jika pemiliknya bertekad mengembangkan usaha tersebut. Selain mengajukan pinjaman uang, untuk mempertahankan usaha, Juragan juga bisa mengelola keuangan bisnis secara lebih baik dengan menggunakan jasa pembukuan dari BukuWarung. 

BukuWarung adalah platform penyedia laporan keuangan dan pengingat pencatatan bisnis yang bisa bantu menagih utang pelanggan. Selain itu, Juragan juga bisa promosikan usahamu di media sosial dengan kartu nama digital dan mengelola lebih dari satu usaha tanpa ribet. Yuk, pakai BukuWarung sekarang untuk kembangkan usaha Juragan!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download