Download Gratis
Butuh bantuan?

Tips Jualan Es Krim Keliling

Siapa bilang memulai usaha dengan modal minim itu mustahil? Juragan tentu tahu orang-orang yang menjual es krim keliling bukan? Nah, untuk memulai usaha keliling ini ternyata tidak membutuhkan modal yang besar lho Juragan!

Dengan modal yang ringan, Juragan bisa memulai untuk usaha es krim dan menjualnya dengan berkeliling. Minat pasar yang tinggi tentunya akan membuat usaha Juragan lebih mudah dijangkau oleh berbagai kalangan.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Mengapa Jualan Es Krim Keliling Menguntungkan?

Es krim menjadi salah satu cemilan yang cocok untuk kita yang hidup di daerah tropis. Saat cuaca panas, tentunya kebanyakan orang ingin memakan sesuatu yang dingin dan segar, seperti halnya es krim.

Ini adalah salah satu alasan sederhana bahwa jualan es krim keliling bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Selain itu, apa saja sih alasan yang mendasari usaha ini? Begini alasannya!

1. Iklim tropis yang mendukung

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa iklim tropis yang ada di Indonesia menjadi faktor yang mendukung usaha es krim.

Saat cuaca sedang panas, maka tak menutup kemungkinan banyak orang yang membutuhkan minuman atau makanan yang dapat menyegarkan tubuh.

Buat Toko Online Sendiri

Dalam hal ini, es krim menjadi salah satu cemilan yang pas untuk dinikmati saat cuaca sedang panas sehingga banyak orang yang menunggu kehadiran penjual es krim secara keliling.

Bahkan sebagian orang menyukai es krim untuk dinikmati saat cuaca sedang dingin atau hujan, lho! Nah, hal ini akan semakin membuka peluang bagi Juragan yang ingin memulai jualan es krim secara keliling.

2. Disukai oleh berbagai kalangan

Hal yang paling mendasar untuk memulai usaha ini adalah peminatnya yang berasal dari berbagai kalangan dan usia. Tak hanya anak kecil, orang dewasa pun menyukai cemilan dingin yang satu ini. 

atur keuangan usaha

Dengan banyaknya pangsa pasar yang tertarik dengan es krim, maka peluang Juragan untuk memulai usaha ini sangatlah besar.

Dengan ketekunan dan kegigihan dalam berjualan, tentunya akan mendatangkan keuntungan yang besar setiap bulannya.

3. Proses pembuatan yang mudah

Untuk mulai membuka usaha es krim, Juragan tak perlu memiliki keahlian khusus, lho! Ya, tentu saja karena proses pembuatan es krim ini sangat mudah untuk dipraktikkan.

atur keuangan usaha

Juragan bisa meniru resep-resep es krim yang beredar di internet untuk memudahkan Juragan dalam membuat es krim. Selanjutnya, Juragan bisa meminta orang-orang sekitar untuk mencicipinya.

Dengan berbagai kritik dan saran yang diajukan, maka Juragan bisa memperbaiki es krim yang sesuai dengan harapan konsumen. Kemudian es krim pun siap disajikan secara berkeliling.

4. Bisa dilakukan sendiri tanpa karyawan

Melihat proses pembuatan es krim yang sangat mudah, tentunya Juragan bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan karyawan. Dengan begitu, Juragan tak perlu memikirkan gaji untuk karyawan, bukan?

Maka keuntungan yang Juragan peroleh akan menjadi pemicu untuk bekerja semakin giat lagi agar penjualan semakin meningkat.

5. Membutuhkan modal yang ringan

Untuk memulai usaha es krim ini, Juragan tak perlu pusing memikirkan modal awal yang dibutuhkan karena modal untuk jualan es krim secara keliling ini berkisar 2-3 jutaan saja.

Dengan modal ini, Juragan bisa berjualan dengan gerobak es krim keliling dari satu tempat ke tempat lainnya. Dengan demikian, keuntungan yang didapatkan setiap harinya tentu lebih besar.

Cara Memulai Jualan Es Krim Keliling

Dalam menjajakan es krim, pastinya banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari gerobakan, kios, hingga jualan keliling. Akan tetapi dengan melakukan jualan es krim secara keliling, tentu saja target pemasarannya lebih luas.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Juragan perhatikan sebelum memulai usaha ini. Simak yuk cara memulai usaha es krim secara keliling berikut ini!

1. Menyiapkan rencana usaha yang matang

Tak sedikit usaha yang tumbang akibat kurangnya perencanaan usaha yang matang. Untuk menghindari hal ini, maka Juragan perlu menyusun rencana usaha es krim yang matang agar sesuai harapan.

Juragan bisa memulai memetakan apa saja yang ingin dicapai dari usaha yang dibuat. Dengan  rencana yang matang, maka usaha Juragan akan berjalan lancar.

2. Menyusun anggaran modal

Untuk memulai jualan es krim secara keliling, maka Juragan perlu menyusun anggaran yang dibutuhkan sebagai modal usaha.

Juragan bisa membuat rincian yang jelas dan lengkap terkait harga yang dibutuhkan. Semakin rinci anggaran yang dibuat, maka akan semakin mudah bagi Juragan untuk menyiapkan modalnya.

3. Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan

Setelah modal yang dibutuhkan telah siap, maka Juragan bisa mulai untuk menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk mulai usaha ini.

Pada usaha es krim keliling ini, tentunya biaya yang besar dibutuhkan untuk membuat gerobak dan alat pembuatan es krimnya. Selebihnya, Juragan bisa membelikan bahan pembuatan es krim yang dibutuhkan.

4. Menyiapkan gerobak es krim yang unik

Untuk menarik para pembeli, maka Juragan perlu memberikan keunikan tersendiri pada konsep gerobak es krim keliling Juragan, lho!

Dengan demikian, calon pembeli akan tertarik untuk membeli es krim Juragan. Tentunya Juragan juga perlu memperhatikan kualitas dan cita rasa es krim agar pembeli tidak kecewa.

5. Membuat inovasi es krim

Agar pembeli es krim lebih puas dengan apa yang didapatkan, maka Juragan perlu membuat inovasi es krim terbaru yang berbeda dengan penjual lainnya.

Juragan bisa menambahkan varian topping, bentuk es krim, hingga, varian rasa yang beragam. Dengan begitu, pembeli memiliki banyak pilihan saat membeli es krim yang Juragan jajakan.

6. Memilih lokasi yang tepat

Meskipun dijajakan secara keliling, Juragan juga tetap harus memperhatikan lokasi penjualan es krim yang tepat, lho!

Ya, Juragan bisa menjual es krim ini di sekolah-sekolah, taman, pasar, pusat perbelanjaan, atau tempat keramaian lainnya. 

Tempat-tempat ramai seperti ini memungkinkan banyaknya pembeli yang ingin membeli es krim Juragan, terlebih ada banyak anak kecil di dalamnya. 

Dengan menjajakan es krim secara keliling, pastinya Juragaan bisa lebih fleksibel untuk berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya. Menarik sekali, bukan?

7. Mencatat laporan keuangan dengan detail

Meskipun baru memulai usaha, tentunya Juragan  tetap harus memperhatikan setiap pengeluaran maupun pemasukan yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha.

Agar lebih mudah memantau keuangan Juragan, maka Juragan bisa menggunakan aplikasi yang telah kami sediakan untuk Juragan. Apalagi kalau bukan aplikasi BukuWarung.

Aplikasi ini bisa diinstal di smartphone Juragan secara gratis, lho! Cukup dengan download aplikasinya melalui Play Store atau kunjungi website kami hanya di link berikut!

Untuk mendukung penjualan es krim keliling Juragan, maka aplikasi BukuWarung hadir sebagai aplikasi yang memudahkan Juragan dalam memonitor keuangan tanpa batas waktu karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Melalui aplikasi ini, Juragan akan lebih mudah memantau keluar masuknya keuangan Juragan, hanya melalui smartphone. Menarik sekali bukan!

Yuk download aplikasinya sekarang juga melalui website kami hanya di BukuWarung! Gratis lho!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download