Download Gratis
Butuh bantuan?

Tips Memulai Bisnis Kuliner Vegetarian

Kuliner vegetarian kini menjadi tren di tengah masyarakat, mulai banyak orang yang menyadari untuk hidup sehat, hingga merubah gaya hidupnya dengan mengonsumsi aneka vegetarian.

Ada pepatah mengatakan “menjalani hidup yang sehat, tidak hanya berdampak baik untuk tubuh, tetapi juga memperpanjang umur kita”

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Yap, mengkonsumsi vegetarian ternyata bisa memperpanjang hidup Juragan lho, pasalnya masih banyak makanan enak yang justru membawa penyakit seperti daging olahan, fast food, atau olahan makanan yang mengandung lemak jahat.  

Memang efeknya nggak terlihat dalam waktu dekat, namun kalau Juragan mengkonsumsinya terlalu sering maka akan timbul berbagai penyakit mematikan.

Sebaiknya, jika Juragan hobi mengkonsumsi makanan tersebut, cobalah dibarengi  dengan makanan-makanan yang sehat.

Mengapa Harus Bisnis Kuliner Vegetarian?

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, kini masyarakat mulai banyak yang mengkonsumsi vegetarian.

Buat Toko Online Sendiri

Perlu Juragan ketahui bahwa dahulu, bisnis vegetarian sangatlah jarang, hal ini diakibatkan masih kurangnya edukasi terhadap makanan sehat.

Terdapat beberapa sumber mengatakan di tahun 2015, pola makan buruk menjadi penyebab kematian dini terbesar di dunia.

Inilah sebabnya mengapa saat ini sebagian masyarakat memilih makanan vegetarian untuk dijadikan menu makanan sehari-hari.

atur keuangan usaha

Seorang vegan, atau sebutan dari pecinta vegetarian, nggak mengonsumsi bahan hewani seperti telur, susu, dan aneka makanan yang berasal dari hewan.

Dengan membuka bisnis kuliner vegetarian, artinya Juragan mendukung gaya hidup vegan dan ikut mendorong masyarakat untuk merasakan tubuh yang lebih sehat.

Selain itu vegetarian sangat cocok untuk dikonsumsi oleh pecinta diet, nggak jarang orang diet memilih makanan yang sudah disiapkan daripada harus menyiapkan sendiri.

atur keuangan usaha

Kehadiran kuliner vegetarian bukan hanya tren sesaat, pasalnya semakin berkembangnya zaman dan ilmu pengetahuan, masyarakat semakin yakin untuk mengkonsumsi vegetarian.

Tren ini akan terus berkembag di masa mendatang, hingga kuliner vegetarian bukan lagi menjadi hidangan yang aneh untuk dikonsumsi setiap hari.

Peluang Bisnis Kuliner Vegetarian

Melihat semakin banyak orang yang peduli dengan hidup sehat, kami menyadari bahwa peluang bisnis kuliner vegetarian sangatlah cemerlang.

Juragan bisa mendapatkan keuntungan yang fantastis dari bisnis ini, apalagi untuk dikembangkan dimasa mendatang.

Pasalnya dari beberapa tahun lalu, bisnis vegetarian nggak pernah mengalami penurunan bahkan semakin eksis di tahun 2017 hingga sekarang.

Apalagi semakin banyak inovasi kulinernya yang beraneka macam, menjadikan makanan ini nggak terasa seperti vegetarian.

Hal tersebut dapat meningkatkan seseorang yang nggak menyukai vegetarian menjadi suka, sehingga menganggap bahwa vegan bukanlah hal yang aneh.

Gaya hidup sehat kini mulai digandrungi oleh kalangan muda, sehingga jangan takut untuk membuka bisnis yang tengah populer ini.

Walaupun memang tingkat pesaingnya lumayan tinggi, jika Juragan mempromosikannya dengan baik dan sesuai target maka bisnis pun akan lancar.

Jangan lupa untuk selalu mengembangkan inovasi baru agar pelanggan nggak bosan dengan menu vegetarian yang itu-itu saja.

Tips Memulai Bisnis Makanan Vegetarian

Kuliner vegetarian yang identik dengan makanan berkelas, kini nggak hanya ada di restoran mahal saja.

Kini bisnis vegetarian banyak di jual secara merata, bahkan banyak yang menjualnya secara online.

Kalau Juragan tertarik untuk membuka usaha ini, berikut tips memulai bisnis kuliner vegetarian yang wajib Juragan coba!

1. Ikut Mengkonsumsi Vegetarian

Jika Juragan ingin membuka bisnis vegetarian, sebaiknya dimulai dari diri sendiri dulu yaitu dengan ikut mengkonsumsinya juga.

Dengan begitu Juragan akan lebih memahami mana makanan yang baik untuk dikonsumsi dan mana yang tidak.

Hal ini menyangkut pada bisnis yang nantinya lebih menjiwai, biasanya bisnis akan berjalan lancar kalau pemiliknya ikut menyukai produk yang dijualnya.

2. Memperdalam Tentang Vegetarian

Terkadang masih banyak pelaku bisnis yang asal mengikuti tren saja tanpa tahu seluk beluk dari kuliner vegetarian.

Mereka cenderung mengikuti apa yang dijual oleh pebisnis lain, tanpa tahu apa yang dimaksud baik atau tidak untuk dijual.

Pasalnya nggak semua jenis vegetarian bisa menyeimbangkan tubuh, harus ada beberapa jenis yang dapat memenuhi zat gizi, seperti makanan nabati yang terkandung dalam nutrisi daging.

Untuk memperdalam ilmu tentang vegetarian, Juragan bisa menanyakan pada ahlinya atau membaca artikel yang akurat.

3. Memilih Staf Berpengalaman

Akan lebih baik kalau Juragan merekrut staf yang sudah berpengalaman dalam mengelola kuliner vegetarian.

Mereka yang berpengalaman akan lebih mengetahui apa saja yang boleh dan nggak boleh dilakukan.

Misalnya mencampur vegetarian dengan tempat bekas olahan daging, sebisa mungkin semua tempat terhindar dari jenis makanan yang bukan vegetarian.

Intinya, orang yang berpengalaman dapat mengurangi resiko kesalahan dalam penyajian makanan, lebih baik lagi kalau mereka juga seorang vegan.

4. Pilihan Menu Beragam

Perlu diingat bahwa vegetarian bukan sekedar makanan hijau atau sayuran saja, namun masih banyak makanan yang bisa disajikan dalam menu.

Juragan bisa menyiapkan menu bisnis kuliner vegetarian sebagai berikut:

  • Sup krim jagung
  • Vegan drumstick
  • Pepes tahu, tempe atau jamur
  • Nugget hijau
  • Vegan waffle
  • Asinan
  • Gado-gado, dan lain-lain

Makanan diatas bisa Juragan jadikan inspirasi untuk membuka bisnis vegetarian.

Untuk lebih bervariasi Juragan bisa mencari referensi lain di internet, biasanya banyak orang asing yang menyediakan menu vegetarian unik.

5. Pilih Bahan Berkualitas dan Murah

Dalam berbisnis pastinya Juragan ingin mendapatkan untung yang nggak sedikit, maka dari itu penting untuk mencari bahan yang murah namun berkualitas.

Dibandingkan beli di Mall atau supermarket sebaiknya beli saja di pasar atau langsung dari produsennya.

Harga jual dari produsen tentu saja lebih murah dan Juragan dapat menghemat biaya pengeluaran.

Dengan bahan baku yang murah, tentu saja akan berpengaruh pada harga produk yang lebih murah.

6. Lakukan Pemasaran dengan Tepat

Agar dapat meningkatkan penjualan, dibutuhkan pemasaran yang tepat, Juragan perlu strategi marketing agar bisa menjangkau target pasar.

Kalau Juragan ingin menjualnya secara offline, sebaiknya dipasarkan juga secara online.

Daripada Juragan menyebarkan brosur yang lebih membuang uang dan juga tenaga, lebih baik melakukan branding secara online yang tentunya lebih hemat.

Melalui media sosial, Juragan nggak hanya dituntut untuk berjualan saja, namun bisa juga memberikan konten-konten edukasi seputar gaya hidup sehat.

7. Manfaatkan Teknologi

Berbisnis tanpa bantuan teknologi cenderung akan stuck disitu-situ saja, cobalah manfaatkan teknologi yang ada seperti mendaftarkan bisnis ke layanan pesan antar online atau menggunakan aplikasi BukuWarung.

BukuWarung adalah pembukuan digital yang bisa membantu Juragan mengatasi laporan keuangan.

Terdapat fitur cetak struk praktis dengan printer bluetooth, yang cocok banget untuk bisnis offline Juragan.

Mau atur stok barang? Tenang saja, BukuWarung menyediakan fitur atur stok barang yang bisa digunakan secara efektif dan mudah.

Yang jelas, BukuWarung akan memudahkan bisnis kuliner vegetarian milik Juragan. Masih belum download aplikasi BukuWarung? Yuk download sekarang juga, jangan ditunda-tunda ya!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download