Download Gratis
Butuh bantuan?

Penyebab dan Cara Mengatasi Token Listrik Gagal

Sekarang, keluhan soal meteran listrik prabayar menolak token sudah biasa terjadi, Gan. Biasanya, beberapa masalah umum yang kerap dihadapi pelanggan meteran prabayar adalah gagal mengisi ulang meteran, kesalahan kode saat loading, gagal menampilkan meteran setelah memasukkan token, dan lain sebagainya. Nah, artikel ini akan membahas soal penyebab dan cara mengatasi token listrik gagal. Buat Juragan yang penasaran, yuk, simak informasi selengkapnya di artikel ini!

Kemungkinan penyebab token listrik gagal

Token listrik gagal tentu tidak terjadi begitu saja. Berikut beberapa kemungkinan penyebab token listrik gagal, Gan:

  1. Server error dari pusat

Terdapat ID unik dan nomor meter unik yang terhubung dengan server PLN pada setiap meteran digital PLN. Saat server error dari pusat, maka Juragan akan mengalami kegagalan isi token. Jika ini terjadi, Juragan hanya bisa menunggu sampai perbaikan dari PLN selesai dan server kembali normal sebelum memasukkan kembali token listrik ke meteran.

Selain itu, penting juga untuk diingat bahwa Juragan tidak boleh salah order ID meter. Setiap pelanggan memiliki ID meter yang bersifat unik dan token yang sudah dibeli terhubung dengan ID meter. Jadi, jika terdapat kesalahan dalam order dan dinyatakan valid oleh server, maka kemungkinan token tidak bisa masuk ke ID meter, Gan. Karenanya, Juragan harus memastikan bahwa token sesuai dengan ID meter saat melakukan order agar pengisian token PLN tidak gagal.

Baca Juga: Beli Token Listrik dengan Aman di Agen Token Listrik Resmi

  1. Ada masalah pada meteran listrik

Token listrik gagal juga bisa disebabkan oleh masalah pada meteran listrik, misalnya terblokirnya meteran akibat salah memasukkan kode token listrik. Jadi, Juragan perlu sangat berhati-hati saat memasukkan kode token ke meteran. Jika salah memasukkan kode token listrik hingga tiga kali, meteran akan terblokir otomatis. 

Buat Toko Online Sendiri

Biar aman, Juragan perlu memasukkan kode token yang benar dengan cara memperhatikan kode token pada struk pembelian. Jika meteran terblokir, Juragan bisasegera menghubungi contact center 123 atau layanan PLN terdekat untuk memperbaiki meteran.

  1. Instalasi listrik kurang baik

Buruknya pemasangan instalasi listrik tidak hanya bisa menyebabkan kegagalan memasukkan kode token listrik, Gan, tapi juga risiko korsleting listrik yang mengakibatkan kebakaran. Jika curiga bahwa instalasi listrik kurang baik menjadi penyebab token listrik gagal, Juragan tak perlu ragu untuk segera menghubungi petugas PLN terdekat dan mendapat bantuan. 

Perbaikan instalasi listrik dengan baik perlu dilakukan untuk memastikan keamanan. Mulai dari pemakaian kabel yang tepat, pemasangan grounding yang baik, hingga penggunaan alat alat listrik yang berstandar SNI.

atur keuangan usaha
  1. Adanya over limit

Perlu Juragan tahu, token listrik memiliki limit (batasan) untuk satu bulan. Jadi, jika juragan memasukkan KwH yang melebihi limit tersebut, maka token listrik akan gagal saat dimasukkan. Tujuan PLN menerapkan aturan ini adalah agar pengguna menggunakan listrik sesuai batasan yang tersedia dan lebih hemat listrik.

Cara mengatasi token listrik gagal

cara mengatasi token listrik gagal
Photo Credit: Emmanuel Ikwuegbu via Pexels

Jika Juragan mengalami kegagalan mengisi token listrik, pertama-tama Juragan harus tetap tenang. Sebagai langkah awal, Juragan bisa melakukan cara mengatasi token listrik gagal berikut ini:

  1. Reset meteran dengan cara tekan 00 + enter pada meteran listrik jika ada kesalahan pada input sebelumnya.
  2. Tunggu sampai meteran selesai mereset (proses ini mungkin memakan sedikit waktu).
  3. Jika sudah selesai, input lagi nomor token PLN ke meteran.
  4. Pastikan Juragan memeriksa digit angka token yang dimasukkan ke meteran.
  5. Jika masih gagal input token listrik setelah dua kali dicoba, maka Juragan perlu hubungi Contact Center PLN pada nomor 123 atau (kode area) 123.
  6. Namun, jika pengisian sukses, maka token akan langsung masuk, Gan.

Untuk kondisi gagal mengisi token listrik, solusinya adalah ​​membuat pengaduan melalui PLN Mobile, menghubungi contact center 123, atau kantor PLN terdekat. Jika gagal memasukkan token berkali-kali atau menemukan tulisan “Periksa”, maka Juragan bisa meminta petugas PLN untuk datang melakukan pemeriksaan dan mengatasi gangguan tersebut. 

atur keuangan usaha

Petugas PLN akan mendatangi lokasi pelanggan untuk mengecek kWh meter prabayar. Jika Juragan mengalami gangguan berupa pembaruan sistem meter prabayar atau kode key change token (KCT), Juragan bisa menghubungi petugas melalui WhatsApp. Sesuai arahan dari petugas, Juragan akan diminta menyetel ulang (restart) meteran listrik dan memasukkan nomor KCT.

Baca Juga: Juragan, Begini 3 Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis

Cara pengaduan ke PLN

Untuk membuat pengaduan ke PLN, Juragan bisa melakukan beberapa cara berikut:

  • Download aplikasi PLN Mobile – Jika belum punya, aplikasi PLN Mobile bisa di-download di Google App atau App Store. Aplikasi ini dilengkapi fitur Auto Dispatch yang memungkinkan penerusan dan monitor laporan langsung ke petugas teknis terdekat yang tersedia (saat ini hanya berlaku pada sejumlah lokasi). 
  • Ajukan pengaduan – Jika aplikasi PLN Mobil sudah terpasang, Juragan bisa buka aplikasi dan klik menu “Pengaduan” di halaman depan aplikasi. Lalu, pilih jenis pengaduan “Keluhan kWh Meter Pasca dan Prabayar”. 
  • Masukkan ID pelanggan – Pada kolom tersedia, Juragan bisa memasukkan ID pelanggan yang mengalami gangguan.. 
  • Alternatif ID pelanggan – Sebagai alternatif, jika Juragan tidak tahu nomor ID pelanggan, tunjukkan saja lokasi lewat map. Setelah menentukan lokasi, klik “Konfirmasi”. 
  • Menghubungi nomor pengaduan – Setelah semua langkah tersebut dilakukan, Juragan akan dapat nomor pengaduan. Juragan cukup tunggu petugas PLN setempat menghubungi.

Sebagai informasi tambahan, aplikasi ini hanya bisa dipakai untuk gadget dengan spesifikasi minimum Android Lollipop 5.1.x atau iOS versi 8 atau yang terbaru. Umumnya, token listrik gagal bisa diatasi dengan melakukan cara pengaduan ke PLN ini.

Cara cek sisa token listrik

Cara cek sisa token listrik sangat sederhana, kok, Gan. Juragan cukup mengakses website PLN atau aplikasi PLN Mobile untuk melakukan pengecekan dengan langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, Juragan buka dulu situs PLN atau aplikasi PLN Mobile.
  2. Klik ‘Buat Akun’, lalu lengkapi informasi data diri dengan benar hingga akun terverifikasi.
  3. Jika sudah terdaftar dan terverifikasi, login dengan email dan password terdaftar.
  4. Sisa token listrik bisa dicek dengan klik menu Pelanggan, lalu klik Tagihan dan Token Listrik.
  5. Selesai, deh, Juragan akan menemukan detail informasi sisa token listrik.

Baca Juga: Perbedaan Listrik Prabayar dan Pascabayar

Jualan token listrik pakai BukuWarung 

Juragan bisa, lho, menjadi agen token listrik resmi dengan mendaftar di  BukuWarung. BukuWarung adalah pilihan terbaik bagi Juragan yang ingin menjadi agen token listrik tepercaya dengan modal minim. Jika menggunakan BukuWarung, Juragan bisa jualan token listrik tanpa perlu setor deposit atau saldo. Smartphone dan jaringan internet cukup bagi Juragan untuk jadi agen token listrik. 

Tersedia berbagai pilihan token listrik dengan harga beragam dari BukuWarung. Jadi, Juragan cukup menawarkan token listrik yang sudah disediakan tersebut kepada pelanggan yang ingin membeli. Tidak cuma itu, Gan, BukuWarung juga menawarkan opsi metode pembayaran berupa virtual account dan e-wallet. Pembayaran virtual account bisa dilakukan lewat bank BRI, BCA, BNI, Permata, dan Mandiri. Sedangkan untuk e-wallet bisa lewat Link Aja, Dana, OVO, dan ShopeePay. 

Jika Juragan siap menjadi agen token listrik resmi dengan mendaftar di BukuWarung, simak cara jualan token listrik dengan fitur saldo BukuWarung berikut:

  1. Pastikan saldo cukup – Jika tidak, Juragan bisa klik ‘Isi Saldo’ di halaman ‘Home’.
  2. Klik menu ‘Token Listrik’ – Jika saldo sudah terisi, klik menu ‘Token Listrik’.
  3. Isi nomor meter, hp, dan pilih nominal yang diinginkan – Masukkan nomor meter listrik dan ponsel pelanggan, lalu pilih nominal ‘Token Listrik’.
  4. Pilih saldo dan lakukan pembayaran – Pilih metode pembayaran saldo, lalu klik ‘Bayar Modal’.

Daftar harga token listrik di BukuWarung

Berikut daftar harga token listrik di BukuWarung:

Nominal Token Listrik di BukuWarung Harga Token Listrik di BukuWarung
Rp20.000 Rp20.080
Rp50.000 Rp50.080
Rp100.000 Rp100.080
Rp200.000 Rp200.080
Rp500.000 Rp500.080
Rp1.000.000 Rp1.000.080

Itulah tadi informasi tentang penyebab dan cara mengatasi token listrik gagal. Selain untuk usaha token listrik, aplikasi BukuWarung juga bisa Juragan manfaatkan untuk menjadi agen pulsa, berjualan warung makan, toko kelontong, bengkel, dan lain-lain. 

Bagi Juragan yang memiliki lebih dari satu usaha, Juragan bisa mengelola segala usaha tersebut secara bersamaan dengan satu aplikasi saja, yaitu BukuWarung. Dengan aplikasi BukuWarung, Juragan dapat melakukan semua pengelolaan usaha, mulai dari mencatat penjualan hingga tagih utang lewat fitur-fitur BukuWarung. Yuk, dapatkan aplikasi BukuWarung dengan langsung download aplikasinya melalui Google Play Store!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download