Download Gratis
Butuh bantuan?

Super Mudah, Begini Cara Cek Token Listrik!

Listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok semua orang di dunia. Masalahnya, tagihan listrik yang tinggi membuat banyak orang terpaksa menunggak. Sebagai solusi, kini PT PLN menyediakan layanan PLN prepaid system atau listrik prabayar yang menggunakan token listrik. Dengan layanan ini, pelanggan bisa dengan mudah mengisi pulsa listrik sesuai kemampuan dan disesuaikan dengan pemakaian sehingga terhindar dari pemborosan.

Untuk mengisi token listrik, Juragan perlu memasukkan 20 digit angka kode token pada alat MPB (Meter Prabayar). Mengingat sistemnya prabayar, penting untuk secara berkala mengecek token listrik agar tak kehabisan listrik. Buat Juragan yang tertarik mendirikan usaha, token listrik juga bisa dijadikan peluang bisnis, lho. Simak berikut ini informasi lengkapnya!

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Coba Jualan Token Listrik Disini

Cara Cek Token Listrik 

Ada beberapa cara cek token listrik yang bisa Juragan lakukan. Tenang saja, cara-cara ini sangat mudah untuk dilakukan, Gan!

1. Menghubungi call center PLN

Cara cek token listrik yang pertama adalah menghubungi call center PLN. Biar gampang, Juragan bisa menghubungi pihak PLN melalui WhatsApp di nomor 08122-123-123. Sebagai bagian dari upaya memuaskan pelanggan, PLN juga menghadirkan layanan call center PLN 123. Jadi, Juragan yang memiliki keluhan atau ingin cek token listrik bisa langsung menghubungi call center PLN 123.

2. Menggunakan aplikasi PLN Mobile

Aplikasi dapat mempercepat pekerjaan karena semua bisa dilakukan secara terorganisir. Itulah mengapa pihak PLN juga menyediakan aplikasi PLN Mobile. Dengan aplikasi ini, Juragan bisa dengan super mudah mengecek token listrik, lho. Berikut cara menggunakannya:

  1. Download dulu aplikasi PLN Mobile di Google Play Store atau App Store.
  2. Jika sudah di-download, buka aplikasi PLN Mobile.
  3. Juragan perlu daftar akun dengan melengkapi data diri dengan benar.
  4. Jika sudah, lanjutkan ke proses verifikasi.
  5. Jika proses pendaftaran dan verifikasi berhasil, login menggunakan email dan password.
  6. Selesai, Juragan kini bisa cek sisa token listrik di menu Token dan Tagihan secara online.

Baca Juga: Beli Token Listrik dengan Aman di Agen Token Listrik Resmi

Buat Toko Online Sendiri

3. Periksa lewat website PLN

Selain menggunakan aplikasi PLN Mobile, Juragan juga bisa cek token listrik dengan super mudah lewat website PLN secara online. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, pastikan koneksi internet Juragan lancar tanpa hambatan.
  2. Dengan menggunakan koneksi internet yang baik, kunjungi situs PLN.
  3. Jika belum punya, daftar akun dengan mengisi kelengkapan data diri.
  4. Lanjut proses verifikasi, kemudian login pakai email dan password terdaftar.
  5. Jika sudah masuk, cek sisa token listrik dan informasi lain terkait token listrik.
  6. Cek sisa token listrik dengan pilih menu ‘Pelanggan’, kemudian pilih ‘Informasi Tagihan’.
  7. Lanjutkan dengan pilih ‘Token Listrik’ dan Juragan pun akan melihat rinciannya.

4. Lihat di meteran listrik rumah

Meskipun sekarang zamannya serba online, Juragan tetap bisa, kok, mengecek token listrik secara manual dengan cara melihat langsung di meteran listrik rumah. Berikut caranya:

  1. Coba Juragan periksa merek meteran yang terpasang di rumah.
  2. Ada beberapa opsi merek meteran dari PLN, seperti Hexing, CONLOG, Glomet, Star, dan Itron.
  3. Mengetahui merek meteran penting karena masing-masing merek punya cara pengecekan sisa token yang berbeda.
  4. Untuk mengecek sisa token listrik merek meteran CONLOG dan Itron, Juragan bisa lihat informasi mengenai sisa listrik di layar meteran.
  5. Untuk merek Hexing, Juragan bisa cek sisa token listrik dengan memasukkan kode 801.
  6. Untuk merek Glomet, masukkan kode 37, kemudian pencet Enter.
  7. Untuk merek Star, masukkan kode 07, kemudian pencet Enter.
  8. Jika Juragan menggunakan meteran yang perlu kode, maka informasi sisa token listrik akan tampil setelah memasukkan kode tersebut.

Jangan lupa isi ulang token listrik Juragan

cara cek token listrik
Photo Credit: rgaudet17 via Pixabay

Saat ini, isi ulang token listrik sangat mudah karena sudah banyak platform digital yang berkolaborasi dan menyediakan jasa penjualan token listrik. Dari platform digital mana pun Juragan membeli token listrik, ikuti cara memasukkan pulsa token listrik yang mudah berikut ini:

atur keuangan usaha
  1. Pertama, beli pulsa token listrik .
  2. Kemudian, input 20 angka kode token voucher, lalu tekan ‘Enter’.
  3. Tekan tombol ‘Backspace’ jika terdapat kesalahan saat memasukan kode token.
  4. Tulisan ‘Accept’ yang tertera pada layar menandakan kWh sudah ditambahkan ke meteran.

Untuk mengisi ulang token listrik, terdapat beberapa opsi nominal token atau stroom listrik yang disediakan oleh PLN, Gan. Juragan bisa membeli nominal Rp20 ribu, Rp50 ribu, Rp100 ribu, Rp250 ribu, Rp500 ribu, hingga Rp1 juta. Khusus penggunaan listrik di atas Rp1 juta, Juragan perlu beli token listrik beberapa kali. Misalnya jika ingin beli token listrik bulanan sebesar Rp1,5 juta, maka Juragan perlu beli dua token, masing-masing nominal Rp1 juta dan Rp500 ribu.

Juragan bisa beli token listrik prabayar di sejumlah tempat, misalnya minimarket seperti Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi. Bisa juga melalui kantor PLN terdekat, SMS banking, mobile banking, bank, serta ATM yang bekerja sama dengan PLN (BRI, BNI, Bank Mandiri, BCA, dan sebagainya).

Baca Juga: Juragan, Begini 3 Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis

atur keuangan usaha

Yuk, jadi juragan token listrik dengan BukuWarung! 

Juragan mau bebas berisik dari meteran listrik yang akan habis? Yuk, Gan, coba jualan token listrik dengan BukuWarung! BukuWarung hadir sebagai aplikasi yang membantu Juragan untuk jualan token listrik secara online. 

Dengan menjadi agen token listrik pakai aplikasi BukuWarung, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Juragan tak perlu keluar modal besar buat buka konter dan lain sebagainya. Tidak perlu juga memasukkan uang deposit atau saldo untuk jualan listrik, Gan. Modal yang perlu Juragan siapkan cuma smartphone dan internet saja. Sangat simpel, kan?

Aplikasi BukuWarung juga memungkinkan Juragan untuk tidak perlu membayar biaya pendaftaran aplikasi maupun biaya admin, lho. Tidak ada biaya admin yang akan dibebankan oleh BukuWarung kepada Juragan, jadi Juragan bisa lebih mengoptimalkan keuntungan yang didapatkan dari usaha menjadi agen listrik.

Baca Juga: Perbedaan Listrik Prabayar dan Pascabayar

Cara jualan token listrik pakai BukuWarung

Juragan siap menjadi agen token listrik resmi dengan mendaftar di BukuWarung? Jika sudah siap dan yakin, simak cara jualan token listrik dengan fitur saldo BukuWarung berikut ini:

  1. Pastikan saldo cukup – Jika tidak, Juragan bisa klik ‘Isi Saldo’ di halaman ‘Home’.
  2. Klik menu ‘Token Listrik’ – Jika saldo sudah terisi, klik menu ‘Token Listrik’.
  3. Isi nomor meter, hp, dan pilih nominal yang diinginkan – Masukkan nomor meter listrik dan ponsel pelanggan, lalu pilih nominal ‘Token Listrik’.
  4. Pilih saldo dan lakukan pembayaran – Pilih metode pembayaran Saldo, lalu klik ‘Bayar Modal’

Daftar harga token listrik di BukuWarung

Berikut daftar harga token listrik di BukuWarung:

Nominal Token Listrik di BukuWarung Harga Token Listrik di BukuWarung
Rp20.000 Rp20.080
Rp50.000 Rp50.080
Rp100.000 Rp100.080
Rp200.000 Rp200.080
Rp500.000 Rp500.080
Rp1.000.000 Rp1000.080

Itulah tadi informasi mengenai cara cek token listrik yang super mudah, Gan. Perlu Juragan ketahui, aplikasi BukuWarung tidak hanya untuk usaha token listrik, tapi juga bisa untuk konter pulsa, warung makan, toko kelontong, bengkel, dan lain-lain. 

Bagi yang memiliki lebih dari satu usaha, Juragan bisa mengelola segala usaha tersebut secara bersamaan dengan satu aplikasi saja, yaitu BukuWarung. Dengan aplikasi BukuWarung, Juragan bisa melakukan semua pengelolaan usaha, mulai dari mencatat penjualan hingga tagih utang lewat fitur-fitur yang tersedia. Yuk, dapatkan aplikasi BukuWarung dengan langsung download melalui Google Play Store!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download